Bawaslu Imbau Paslon Tidak Deklarasikan Klaim Kemenangan Sebelum Ada Keputusan KPU

Rabu, 09 Desember 2020 23:25 D. Farhan Kamil Pilkada

Bawaslu Imbau Paslon Tidak Deklarasikan Klaim Kemenangan Sebelum Ada Keputusan KPU

 


Koropak.co.id - Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya mengimbau kepada peserta Pilkada atau tim pemenangan termasuk relawan, untuk tidak mendeklarasikan klaim kemenangan raihan suara terbanyak, sebelum ada keputusan resmi dari KPU. Hal ini untuk menjaga kondusifitas keamanan daerah.

"Kita meminta tidak melakukan deklarasi klaim kemenangan atas raihan suara sementara. Ini kita tegaskan untuk menjaga ketenangan masyarakat, aman nyaman dalam situasi yang kondusif. Berikan kesempatan bagi penyelenggara, untuk menyelesaikan tugas perhitungan suara dengan fokus," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda, Rabu (9/12/2020).

Menurut Dodi, imbauan tersebut sesuai dengan instruksi Bawaslu RI. "Kita mengajak semua pihak bisa menahan diri dan tetap tenang sambil menunggu hasil rekapitulasi yang akan disampaikan secara resmi oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya," ujarnya.

Pertimbangan lain dari imbauan tersebut kata Dodi, adalah antisipasi terjadinya kerumunan dan melanggar protokol kesehatan di tengah situasi pandemi Covid-19.

 

Baca : Pasangan WANI Yakin Menangkan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020

 

Koordinator Divisi Hukum Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Mohammad Abduh menambahkan, himbauan kepada pasangan calon atau tim pemenangan demi menjaga kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat maupun sesama pasangan calon. "Mari Kita hormati proses yang masih berjalan di KPU," katanya.

Meskipun tidak ada aturan yang melarang deklarasi kemenangan lanjut Abduh, namun imbauan tersebut sebaiknya dijalankan oleh peserta pemilu, tim pemenangan atau relawan, demi kondusifitas wilayah.*

 

Baca : Real Count KPU Pasangan Ade-Cecep Menang Tipis Dari Pasangan Iwan-Iip


Berita Terkait