Optimalkan Layanan Kegawatdaruratan, Gedung PSC 119 Kota Tasikmalaya Diresmikan

Kamis, 10 Desember 2020 19:27 Adin Wardini Daerah

Optimalkan Layanan Kegawatdaruratan, Gedung PSC 119 Kota Tasikmalaya Diresmikan

 

Koropak.co.id - Plt Walikota Tasikmalaya Drs. H Muhammad Yusuf meresmikan penggunaan Gedung Public Safety Center (PSC) 199 SiCetar (Sistem Cepat Tanggap darurat) Kota Tasikmalaya, di Jalan Ir H Juanda Kota Tasikmalaya, Kamis (10/12/2020).

Ia menyebutkan, keberadaan gedung tersebut difungsikan sebagai alat dan tempat untuk membantu masyarakat yang sakit agar mendapatkan perawatan yang lebih cepat.

"Kita menyediakan layanan call center kegawatdaruratan medis dengan nomor 119, dapat diakses oleh warga Kota Tasikmalaya. Seluruh kegiatannya dipusatkan di suatu gedung yang diharapkan bisa menjadi penunjang kelancaran dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat," kata Yusuf.

Ditambahkan Yusuf, menjelang tahun baru 2021, PSC 119 sudah dapat menempati gedung baru. PSC 119 SiCetar Kota Tasikmalaya merupakan bagian dari salah satu garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

"PSC 119 ini juga sebagai fasilitas pelayanan untuk para rujukan bagi masyarakat kota Tasikmalaya. Saya harapkan dapat memberikan intervensi yang sesuai dalam penanganan pertama kegawatdaruratan sehingga dapat mencegah kecacatan dan kematian," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, dr Uus Supangat menjelaskan, PSC 119 SiCetar ini sudah memiliki beberapa fasilitas berupa pelayanan pra-rujukan dan penanggulangan Covid-19.

"Untuk fasilitas, disini kita sudah memiliki 3 armada mobil ambulans, 2 kendaraan bermotor dan ruang kendali (ruang kontrol). Fungsi ruang tersebut kita dapat mengontrol kondisi rumah sakit yang ada, apabila melakukan rujukan, kita bisa mengetahui ketersediaan ruangan di rumah sakit seperti kapasitas UGD," Kata Uus.

 

Optimalkan Layanan Kegawatdaruratan, Gedung PSC 119 Kota Tasikmalaya Diresmikan (2)

 

 

Ditambahkan, ini memudahkan dalam pengontrolan sehingga dapat mendeteksi area atau zona rumah sakit terdekat, termasuk apakah rumah sakit tersebut dalam kondisi penuh atau kosong. Hal ini dapat menghindari antrian di UGD.

"Untuk masyarakat yang akan menghubungi 119 ini sangat mudah, tinggal menekan angkat 119 maka akan langsung terkoneksi ke SiCetar," ucapnya.

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 maka ada fitur tambahan dalam 119 tersebut. Fitur tersebut mengarahkan masyarakat apakah untuk Covid-19 atau kegawatdaruratan. Intinya tinggal mengikuti instruksi yang ada di handphone.

"Setelah mengikuti arahan tersebut, maka dengan otomatis sistem akan mengunci arahan si penelepon dan sistem akan mencari alamat si penelpon melalui Google maps. Kami imbau kepada masyarakat yang melakukan panggilan ke 119, agar tidak meninggalkan tempat, sehingga memudahkan petugas dalam pencarian alamat sesuai posisi penelpon," tuturnya.

Untuk waktu respons lanjut dia, di wilayah Kota Tasikmalaya mencapai 5 menit dan jarak terjauh bisa mencapai 15 menit. Masyarakat akan mendapatkan pertolongan pertama, dan setelah dinyatakan stabil, akan dirujuk sesuai kebutuhan pasien.*

 

Baca : PSC SiCetar, Solusi Mengurangi Angka Kematian

n

 


Berita Terkait