Pemkab Tasikmalaya Siap Realisasikan 200 Penerangan Sarana Umum di Akhir Tahun 2020

Senin, 07 Desember 2020 20:49 Eris Kuswara Daerah

Pemkab Tasikmalaya Siap Realisasikan 200 Penerangan Sarana Umum di Akhir Tahun 2020

 

 

Koropak.co.id - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tasikmalaya merealisasikan pemasangan 200 Penerangan Sarana Umum (PSU) di beberapa titik di Kabupaten Tasikmalaya pada akhir tahun 2020.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Tasikmalaya, Drs H Nana Heryana MM mengatakan, hingga saat ini sudah ada 200 titik PSU yang dipasang se-Kabupaten Tasikmalaya dengan masing-masing 50 titik meliputi wilayah utara, selatan, barat dan timur. Selain itu, untuk titik pemasangan sendiri diutamakan untuk sarana atau fasilitas umum seperti masjid, madrasah, lapangan, pemakaman umum dan sarana umum lainnya.

"Program pemasangan lampu untuk sarana umum ini sendiri telah dimasukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2020 dengan besarannya yang mencapai ratusan juta. Penerangan sarana umum ini juga tidak bisa dilakukan dalam jumlah yang banyak, karena mengingat juga bahwa anggaran yang dimiliki daerah itu sangat terbatas. Tapi keinginannya semua bisa mendapatkan dan minimal satu desa itu bisa mendapatkan satu PSU,” kata Nana, Senin (7/12/2020).

 

Baca : Serah Terima Pelaksanaan Tugas PJS Bupati Dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat

 

Ditambahkan Nana, DPMPTSP Kabupaten Tasikmalaya sendiri berharap bahwa tahun 2021 mendatang, anggaran bantuan PSU bisa bertambah. Sehingga, pemasangan PSU pun dapat merata di seluruh desa se-Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu juga, diharapkan bantuan PSU ini bisa membantu masyarakat Kabupaten Tasikmalaya dalam beraktivitas, khususnya pada malam hari.

"Pasalnya tidak semua titik terpasang PSU, oleh karena itu kami berupaya membantu masyarakat agar setidaknya mereka dapat menikmati penerangan di tempat sarana umum untuk berbagai keperluan. Setelah dipasangnya PSU ini, kami juga meminta kepada masyarakat agar dapat menjaga dan merawat fasilitas yang diberikan pemerintah secara berkelanjutan, tidak melakukan perbuatan vandalisme atau merusak lampu-lampu penerangan jalan," ucapnya.

Nana menuturkan, sementara itu, untuk pengadaan PSU ini sendiri memakan biaya yang cukup besar. Sehingga, diharapkan PSU yang telah terpasang dapat dipelihara oleh masyarakat masing-masing kecamatan bahkan desa se-Kabupaten Tasikmalaya.*

 

Baca : Disperindag Kabupaten Tasikmalaya Gelar Bimtek Promosi Dagang Secara Online

Baca : Tak Perlu Khawatir, Pemkab Tasikmalaya Ajak Masyarakat Datang Ke TPS