Jadwal Tahapan Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten, Tanggal 13-17 Desember 2020

Kamis, 10 Desember 2020 22:40 D. Farhan Kamil Pilkada

Jadwal Tahapan Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten, Tanggal 13-17 Desember 2020

 

Koropak.co.id - Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin menegaskan, tahapan rekapitulasi suara di tingkat PPK (Panitia Pemilu Kecamatan) digelar mulai hari ini hingga tanggal 13 Desember 2020. Sedangkan untuk jadwal tahapan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten sesuai PKPU nomor 5/2020, akan dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai 17 Desember 2020.

"Ada beberapa PPK yang sudah siap melaksanakan rapat pleno rekapitulasi suara pada hari Jumat (11/12/2020). Mudah-mudahan pelaksanaan rapat pleno di seluruh kecamatan terlaksana sesuai jadwal dengan lancar dan aman serta sehat dengan tetap memperhatikan anjuran protokol kesehatan," kata Zamzam, Kamis (10/12/2020).

Adapun untuk rapat pleno rekapitulasi atau akhir hitungan suara hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020 Kabupaten Tasikmalaya, rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 14, setelah seluruh PPK selesai melaksanakan rapat pleno rekapitulasi suara.

 

Baca : Real Count KPU Pasangan Ade-Cecep Menang Tipis Dari Pasangan Iwan-Iip

 

Ia menambahkan, meskipun belum melaksanakan rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat PPK, namun KPU telah menerima seluruh laporan yang masuk dari 39 PPK mengenai perolehan suara berdasarkan laporan dari masing-masing PPS dengan sumber data dari formulir model C-Hasil-KWK.

Sehingga terang dia, apa yang ditayangkan melalui layar informasi KPU secara online salah satunya melalui Instagram kpukabtasik dalam hal rekapitulasi suara untuk masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati, adalah rekapitulasi sementara berdasarkan input atau laporan sementara dari PPK.

"Hari ini masih bersifat sementara. Kepastian akhir perolehan suara masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati itu nanti setelah rapat pleno KPU tentang penetapan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten," tuturnya.

 

Baca : Pasangan Iwan-Iip Menolak Telak Real Count KPU Kabupaten Tasikmalaya

 

KPU kata Zamzam mengajak semua pihak untuk menghormati proses yang sedang berjalan dan tetap menjaga kondusifitas serta keamanan dan tetap sehat.

Di samping itu lanjut dia, KPU bersukur dan patut mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi menyukseskan Pilkada serentak.

"Tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada ini meningkat di atas angka 70 persen. Pemilu sebelumnya hanya mencapai 70 persen. Ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya sekaligus menjawab kekhawatiran masyarakat di tengah pandemi Covid-19," ucapnya.*

 

Baca : Seluruh Relawan WANI Akan Diterjunkan Ke PPK Menyaksikan Rapat Pleno


Berita Terkait