Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Ingatkan KPU Penuhi Amanah Undang-Undang

Kamis, 10 Desember 2020 23:36 D. Farhan Kamil Pilkada

Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Ingatkan KPU Penuhi Amanah Undang-Undang

 

Koropak.co.id - Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Aziz Firdaus, S.Sos mengimbau KPU Kabupaten Tasikmalaya, agar segera mengumumkan berita acara dan sertifikat hasil penghitungan perolehan suara dari seluruh TPS (Model C. Hasil -KWK) di wilayah kerjanya.

Ketentuan tersebut diatur dalam Pasal 99 Undang-Undang nomor 1 tahun 2015, bahwa PPS wajib mengumumkan salinan sertifikat hasil penghitungan suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 98 ayat (11) dari seluruh TPS di wilayah kerjanya dengan menempelkan salinan tersebut di tempat umum selama 7 (tujuh) hari.

Selain ketentuan itu terang Aziz, terdapat pada pasal 56A ayat (1) PKPU 18 Tahun 2020 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada. Dimana KPPS wajib menyampaikan formulir model C.Hasil-KWK melalui sistem rekapitulasi (Sirekap) kepada PPS untuk diumumkan di desa/kelurahan atau sebutan lain.

"Kemudian pada pasal 56B ayat (2) PKPU 18 Tahun 2020, PPS wajib mengumumkan formulir model C.Hasil-KWK dari seluruh TPS yang dicetak melalui Sirekap, di wilayah kerjanya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 56A ayat (1), selama 7 (tujuh) hari," ujarnya.

 

Baca : Jaringan Persatuan Asli Tasik Indonesia Minta KPU Kabupaten Tasikmalaya Bersih dan Jujur

 

Hal ini tegas dia, perlu diperhatikan, karena berdasarkan ketentuan pasal 193 Undang-Undang 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, diatur bahwa setiap PPS yang tidak mengumumkan hasil penghitungan suara dari seluruh TPS di wilayah kerjanya, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 5 tahun.

Lebih jauh Aziz menyebutkan, setelah penghitungan suara selesai di TPS, setiap KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) juga wajib mengumumkan salinan Berita Acara dan sertifikat hasil penghitungan suara (Model.C Hasil Salinan-KWK) di TPS atau tempat yang mudah diakses oleh masyarakat selama 7 hari.

"Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya beserta Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa, akan terus memastikan keterlaksanaan aturan-aturan tersebut. Termasuk nanti setelah pleno rekapitulasi tingkat kecamatan, hasilnya pun diumumkan selama 7 hari," ucapnya.*

 

Baca : Jadwal Tahapan Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten, Tanggal 13-17 Desember 2020


Berita Terkait