PC Pagarnusa Nyatakan Sikap Tegas, KPU dan Bawaslu Agar Tidak Abaikan Ketentuan

Minggu, 13 Desember 2020 13:06 D. Farhan Kamil Pilkada

PC Pagarnusa Nyatakan Sikap Tegas, KPU dan Bawaslu Agar Tidak Abaikan Ketentuan

 

Koropak.co.id - Pilkada serentak 9 Desember 2020 Kabupaten Tasikmalaya sebagai salah satu ajang kontestasi politik untuk memlilih pimpinan daerah dan wakilnya, berbeda dengan pemilu tahun-tahun sebelumnya.

Pilkada hari ini dilaksanakan di masa Pandemi Covid-19 dengan berbagai aturan tambahan untuk mengimbangi antara menjaga kesehatan masyarakat dan melaksanakan proses demokrasi seutuhnya.

Menyikapi dinamika politik hari ini pasca pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), tentu perlu adanya dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga kondusifitas sebelum ataupun setelah seluruh proses tahapan Pilkada dilaksanakan.

"Saat ini proses perhitungan suara masih berlangsung. Rapat pleno di seluruh perangkat adhoc KPU Kabupaten Tasikmalaya sedang dilaksanakan. Kita semua wajib menghormati proses tersebut," kata Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Pagarnusa Kabupaten Tasikmalaya, Yogha Arief Maulana, dalam siaran persnya di kantor PC Pagarnusa, Ciseda Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna, Sabtu (12/12/2020).

Paganusa lanjut Yogha, meminta kepada semua pihak untuk menghormati tahapan-tahapan Pemilukada, meskipun sudah ada hasil yang terbit melalui penghitungan sementara KPU.

"Masih ada tahapan-tahapan lain seperti pleno di tingkat kecamatan atau PPK dan pleno tingkat Kabupaten atau KPU Kabupaten Tasikmalaya pada tanggal 14 - 17 Desember 2020. Jika memang ada ditemukan beberapa kejanggalan dalam tahapan tersebut, maka negara telah memberikan ruang untuk menindaklanjutinya sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku," terang Yoga.

 

Baca : Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Ingatkan KPU Penuhi Amanah Undang-Undang

 

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat atau tim sukses atau pemenangan dari pasanga calon manapun untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah salah satunya dengan menghindari kerumunan yang dikhawatirkan akan menimbulkan klaster baru pandemi.

"Secara tegas, PC Pagarnusa mendorong TNI dan Polri sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, untuk menindak tegas siapapun yang melanggar protokol kesehatan dengan cara sesuai aturan berlaku," ujarnya.

Termasuk kepada KPU dan Bawaslu tambah Yogha, agar tidak segan-segan memberikan sanksi bagi siapapun, terlebih bagi partai politik (parpol) , gabungan parpol, Timses ,paslon dan relawan yang melanggar aturan tersebut, sebagai mana tercantum dalam ketentuan Pasal 88C PKPU no 13 Tahun 2020.

Di samping itu kata dia, Pagarnusa terus mendorong KPU menunjukkan transparansi sebagai mana yang dilakukan hari ini, dalam melaksanakan tahapan-tahapan pleno. Dan agar tidak terganggu dengan isu-isu atau gerakan di luar prosedur KPU.

Terakhir, kata Yogha, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk lebih bijak dan tidak terbawa isu yang belum jelas khususnya dalam menyikapi isu pelanggaran atau kecurangan pada tahapan Pilkada yang beredar melalui medsos atau pesan berantai.

Infomasi yang diunggah atau dipublish dengan tidak berdasar pada hal yang sebenarnya adalah HOAX, dan itu diancam oleh Undang-Undang.

"PSNU PC Pagarnusa dan pasukan inti Pagarnusa (Pasti), akan bersama-sama mengawal suara dan kemenangan Ketua Pagarnusa Kabupaten Tasikmalaya yakni H Cecep Nurul Yakin, tentunya dengan mengacu kepada aturan yang berlaku," ujarnya.*

 

Banca : Jadwal Tahapan Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten, Tanggal 13-17 Desember 2020


Berita Terkait