Gerakan Pembukaan Bumbung PKB ASN Bantu Warga Desa Kawali Membayar Pajak Motor

Selasa, 15 Desember 2020 22:07 Rizal Amirullah Desa

Gerakan Pembukaan Bumbung PKB ASN Bantu Warga Desa Kawali Membayar Pajak Motor



Koropak.co.id - Berawal di warung kopi, Camat Kawali, Iyan Heryana dan Kepala Outlet Samsat Kawali, H Eman, membahas masalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya di daerah Kawali. Timbul sebuah gagasan untuk memberikan dukungan kepada masyarakat agar tetap taat dalam membayar pajak kendaraan bermotor di era pandemi Covid-19.

Dukungan itu diwujudkan dalam sebuah gerakan dimana masyarakat mempunyai celengan atau bumbung di setiap rumah. Dari Pemerintah Kecamatan Kawali pun sudah memberikan celengan kepada setiap rumah secara gratis.

"Uang recehan dari sisa belanja jika dikumpulkan atau ditabung, maka tanpa diduga-duga pada saatnya akan sangat membantu. Biasanya, celengan recehan atau bumbung itu sering digunakan untuk keperluan bayar Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), Urunan Desa (Urdes) serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Bayaran dari bumbung ini juga bisa digunakan untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)," kata Iyan saat menghadiri kegiatan Pembayaran PKB Melalui Gerakan Pembukaan Bumbung PKB ASN dalam rangka mendukung program zonita pamor di wilayah Kecamatan Kawali, Selasa (15/12/2020).

Kepala Outlet Samsat Kawali, H Eman menilai program zonita pamor ini sangat baik dan tepat. "Kawali ini desanya masih terbilang pelosok. Jadi untuk sistem pembayaran PKB secara offline-nya yaitu dengan menggunakan bumbung," tutur H Eman.

Kepala Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Ciamis, Ir Andry Arfiana juga sangat mendukung program pembayaran PKB dengan Bumbung yang pertama diadakan di Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis.

Ia menilai, program tersebut sangat merakyat dan sangat mendukung program "Zonita Pamor" yang merupakan program dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat .

"Disini, kami sedang menggelontorkan program Triple untung + yaitu, bebas denda PKB, bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) II dan bebas Progresif. Program ini berlaku sampai dengan 23 Desember 2020 nanti. Ada banyak kemudahan lain yang bisa didapatkan dari program ini, serta banyak hadiah menarik seperti sepeda motor, umroh dan tabungan bagi yang beruntung," ucap Andry.*