Pasangan Iwan-Iip Gugat Hasil Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020 Ke MK

Jum'at, 18 Desember 2020 23:52 D. Farhan Kamil Daerah

Pasangan Iwan-Iip Gugat Hasil Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020 Ke MK

 

Koropak.co.id - Pasangan calon nomor 4 Pilkada Tasikmalaya, Iwan Saputra-Iip Miftahul Paos (Wani) memantapkan langkahnya menggugat hasil Pilkada serentak 9 Desember 2020 Kabupaten Tasikmalaya dan dugaan kecurangan yang dilakukan secara masif oleh calon petahana serta KPU Kabupaten Tasikmalaya, ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, sesuai Akta Pengajuan Permohonan Pemohon (AP3) nomor 52/PAN.MK/AP3/12/2020 Mahkamah Konstitusi RI, tepat pada hari Rabu (18/12/2020) pukul 21.57 WIB, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya nomor urut 4, Dr. H. Iwan Saputra, SE, M.SI dan Iip Miftahul Paoz melalui kuasa hukumnya yakni Kelana Surya Alam, SH dkk, dalam hal ini sebagai Pemohon, melayangkan permohonan pembatalan keputusan KPU Kabupaten Tasikmalaya (Termohon) nomor 1181/PL. 02.06-Kpt/3206/KPU-Kab/XII/2020.

Pengurus DPP Golkar Bidang Hukum, Giofedi Rauf sekaligus kuasa hukum Wani mengatakan, gugatan tersebut dilakukan karena telah terjadi kejahatan demokrasi.

"Pada konteks normal, dalam Pilkada banyak terjadi pelanggaran yang berpotensi dilakukan oleh petahana. Namun dalam Pilkada Tasikmalaya 2020, kategorinya sudah bukan lagi pelanggaran, namun kejahatan demokrasi," kata Giofedi.

 

Pasangan Iwan-Iip Gugat Hasil Pilkada Kabupaten Tasikmalaya 2020 Ke MK (2)

 

Baca : KPU Kabupaten Tasikmalaya Tunggu Penetapan MK, Jika Ada Gugatan

 

Disebutkan, kejahatan demokrasi dalam pelaksanaan Pilkada Tasikmalaya 2020 yang diduga dilakukan oleh petahana, di antaranya adalah adanya perencanaan yang sangat matang jauh sebelum tahapan pemilu dimulai. Kemudian melibatkan ASN dan perangkat lainnya secara terstruktur, sistematis dan masif.

Ia meminta dukungan dan doa dari seluruh lapisan masyarakat, agar gugatan Pilkada ini berjalan lancar demi tegaknya keadilan dan kebenaran.

"Kami memohon doa kepada segenap masyarakat Tasikmalaya agar Iwan-Iip mendapatkan keadilan di MK, serta meminta masyarakat mengikuti jalannya persidangan di MK secara seksama," ujarnya.

Diketahui dalam hitung cepat atau quick count LSI Denny JA pasangan pasangan calon Iwan Saputra-Iip Miftahul Paoz unggul dari pasangan calon lainnya.

Sementara dalam hasil rekapitulasi KPU Kabupaten Tasikmalaya Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin unggul tipis pada hasil rapat pleno rekapitulasi suara oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya di Gedung Dakwah, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (16/12/2020) dini hari.*

 

Baca : KPU Kabupaten Tasikmalaya Warning LSI Denny JA Laporkan Salinan Hitung Cepat


Berita Terkait