Jokowi Reshuffle Kabinet, Risma Menjadi Menteri Sosial Menggantikan Juliari

Selasa, 22 Desember 2020 19:46 Eris Kuswara Nasional

Jokowi Reshuffle Kabinet, Risma Menjadi Menteri Sosial Menggantikan Juliari

 

Koropak.co.id - Presiden RI, Ir H Joko Widodo secara resmi memperkenalkan menteri-menteri barunya yang merupakan hasil reshuffle kabinet pertama Jokowi untuk Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, hari ini Selasa (22/12/2020) sore.

"Bapak, ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan Bapak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju. Untuk itu, saya akan memperkenalkan satu per satu," kata Jokowi sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa (22/12/2020).

Dalam reshuffle kabinet tersebut, tampak Jokowi memilih nama-nama baru untuk membantu jalannya roda pemerintahannya. Selain itu, Jokowi juga turut melakukan pergeseran nama lama untuk menjabat posisi yang baru.

Beberapa menteri baru Jokowi tersebut adalah Tri Rismaharini atau Risma yang menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos) hingga Sakti Wahyu Trenggono yang menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan.

Risma resmi diperkenalkan dan menggantikan Mensos sebelumnya, Juliari P Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) Penanggulangan Covid-19. Sementara, Trenggono mengisi posisi Edhy Prabowo yang tersandung kasus dugaan korupsi terkait ekspor benur.

 

Jokowi Reshuffle Kabinet, Risma Menjadi Menteri Sosial Menggantikan Juliari (1)

 

Baca : Jokowi: Buang Semua Ego Demi Pemulihan Ekonomi dari Pandemi Covid-1

 

Dalam perkenalkan menteri baru yang dibacakan Presiden Joko Widodo tersebut, salah satu nama yang mengejutkan publik adalah Sandiaga Uno yang menjadi menteri baru untuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama.

Selain itu, kejutan lain diberikan oleh Jokowi yaitu dipilihnya Ketua Umum (Ketum) GP Ansior, Yaqut Cholil Qoumas yang menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi. Dalam pengumuman tersebut, total ada 6 menteri baru Presiden Jokowi dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju.

Berikut nama-nama menteri baru yang diperkenalkan Jokowi sore hari ini :

1. Tri Rismaharini menjabat sebagai Menteri Sosial
2. Sakti Wahyu Trenggono menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
3. Sandiaga Uno menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
4. M Lutfhi menjabat sebagai Menteri Perdagangan
5. Yaqut Cholil Qoumas menjabat sebagai Menteri Agama
6. Budi Gunadi Sadikin menjabat sebagai Menteri Kesehatan

 

Baca : Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di RI, Jokowi : Belum Bisa Langsung Digunakan


Berita Terkait