Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Kawasan di Bandung Terendam Banjir

Jum'at, 25 Desember 2020 16:08 Adin Wardini Daerah

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Kawasan di Bandung Terendam Banjir

 

Koropak.co.id - Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung Jawa Barat sejak Kamis (24/12/2020) sore mengakibatkan banjir disejumlah titik. Tercatat, hingga pukul 23.30 WIB malam, setidaknya 7 wilayah dan 18 titik tergenang banjir. Salah satunya yang terjadi di kawasan sepanjang jalan Dr Djundjunan dari perempatan gerbang Tol Pasteur hingga Fly Over Pasupati terendam banjir.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Kebakaran Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dian Rudianto mengatakan, banjir terjadi pada Kamis (24/12/2020) sekitar pukul 17:00 WIB sore.

Hujan deras yang terjadi selama dua jam itu mengakibatkan air sungai meluap di dan merendam sejumlah kendaraan roda empat hingga melumpuhkan arus lalu lintas.

"Kami pantau daerah mana saja yang terkena banjir. Selain itu, kami juga melakukan pendataan terkait saluran mana saja yang bermasalah dan menyebabkan banjir," kata Dian sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (25/12/2020).

 

Baca : Duka di Awal Tahun Baru 2020, Jabodetabek Dikepung Banjir

 

Ditambahkan Dian, selain Jalan Dr Djunjunan Pasteur, wilayah lainnya yang terdampak banjir meliputi Jalan Kopo Citarip, Cibaduyut atau Terowongan Batas Kota, Pasirkoja atau exit tol, Pagarsih, Setrasari, dan Jalan Sukagalih gang Sukabakti I.

"Ketinggian air bervariasi yakni 10 hingga 50 centimeter. Namun untuk yang 50 centimeter terjadi di Jalan Pasteur. Kemudian untuk penanganan bencananya, kami telah mengevakuasi warga yang berada di Astananyar setelah banjir menerjang kawasan tersebut. Banjir ini juga terjadi karena beberapa faktor mulai dari luapan sungai hingga drainase," ucapnya.

Sementara itu salah seorang warga Pasteur, Darman mengatakan, setelah air mulai surut, setidaknya ada sekitar tiga mobil yang mengalami kendala mesin akibat terendam banjir.

"Memasuki azan Magrib, banjir masih terjadi. Bahkan ada beberapa kendaraan roda empat yang terendam banjir seperti mobil sedan hingga minibus yang hampir terseret jauh oleh banjir yang berlokasi di Depan BTC," kata Darman.*

 

Baca : Sebuah Mobil Pick-Up Terseret Material Longsoran di Talegong Garut


Berita Terkait