Habib Hasan Assegaf Pasuruan, Ulama Bersahaja Itu Telah Tutup Usia

Senin, 28 Desember 2020 20:36 Eris Kuswara Nasional

Habib Hasan Assegaf Pasuruan, Ulama Bersahaja Itu Telah Tutup Usia

 

Koropak.co.id - Kabar duka menyelimuti umat Islam di Indonesia, Ulama yang dikenal bersahaja dan dicintai banyak kalangan, yakni Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf Pasuruan dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (27/13/2020) selepas subuh. Jenazah sang ulama pun disalati dan dimakamkan di lingkungan Masjid Agung Al-Anwar, Pasuruan Jawa Timur.

Ribuan pelayat dari berbagai daerah pun menghadiri pemakaman Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf sekitar pukul 14.00 WIB dan memberikan penghormatan kepada ulama kharismatik tersebut. Bahkan ribuan pelayat itu juga sampai rela berdesakan untuk bisa masuk ke masjid agar bisa mengikuti salat jenazah. Imbasnya, masjid dua lantai itu pun menjadi penuh dengan jemaah bahkan sampai meluber ke jalan hingga ke sisi barat Alun-alun Pasuruan.

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan kejadian pemakaman tersebut di luar dugaan, karena warga yang datang tanpa direncanakan. Namun hal itu mungkin merupakan hal yang wajar, karena beliau memang merupakan tokoh agama yang disegani. Sehingga masyarakat dalam jumlah yang sangat besar ini pun ingin mengikuti pemakamannya.

"Pada kegiatan-kegiatan yang direncanakan, kami masih bisa melakukan langkah antisipasi. Contohnya seperti penyekatan-penyekatan dan sosialisasi yang dilaksanakan jauh-jauh hari, sehingga pelaksanaannya pun bisa tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan. Hari ini masyarakat hadir dengan sendirinya tanpa direncanakan sebelumnya, karena memang situasinya berbeda," kata Kokoh.

 

Baca : Mengenal Habib Luthfi Bin Yahya, Wantimpres Keturunan Nabi Muhammad

 

Ditambahkan Kokoh, meskipun demikian, sebagian besar warga yang hadir dalam pemakaman ulama ini memakai masker, meskipun sulit dalam melakukan jaga jarak. Oleh karena itu, pihaknya berharap tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terkait penyebaran Covid-19.

"Seperti yang terlihat di area alun-alun dan sekitarnya, masyarakat yang hadir dalam pemakaman ini sebagian besarnya telah menggunakan masker, meskipun sulit dalam melakukan jaga jarak. Sehingga kami berharap dan berdoa, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait penyebaran Covid-19," ucapnya.*

 

Baca pula : Massa FPI Kabupaten Tasikmalaya Tuntut Keadilan

 


Berita Terkait