KPU Bakal Mengkaji Rekomendasi Bawaslu Terkait Dugaan Pelanggaran Administrasi

Selasa, 29 Desember 2020 19:19 D. Farhan Kamil Pilkada

KPU Bakal Mengkaji Rekomendasi Bawaslu Terkait Dugaan Pelanggaran Administrasi

 

Koropak.co.id - Menyusul rekomendasi yang diteruskan Bawaslu terkait terpenuhinya unsur dugaan pelanggaran administrasi pemilu yang dilakukan oleh terlapor, calon bupati Tasikmalaya nomor urut 2, Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Jajang Jamaludin mengatakan, ada dua kemungkinan yang akan terjadi.

Kemungkinan pertama adalah melaksanakan apa yang direkomendasikan Bawaslu dengan melihat aturan dan perundang-undangangan yang berlaku. Dan kemungkinan kedua adalah tidak melaksanakannya dengan dasar Peraturan KPU (PKPU) dan juga perundang-undangangan lainnya.

"Tentunya semua didasari dengan pertimbangan dan kajian hukum yang tidak sederhana. Yang jelas KPU memiliki tafsir hukum terhadap PKPU dan Perundang-undangan yang boleh jadi berbeda dengan tafsir Bawaslu," ujarnya.

Jajang menegaskan, bahwa rekomendasi Bawaslu itu bukan surat keputusan yang mutlak harus dijalankan. Artinya rekomendasi Bawaslu sifatnya menyarankan hal-hal tertentu atas hasil kajian dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan Bawaslu dan diteruskan ke KPU.

"Apapun itu, KPU akan segera menindaklanjuti berkas rekomendasi itu dengan melakukan pengkajian sesuai aturan, terhadap apa yang telah direkomendasikan Bawaslu kepada kami," ucapnya.*

 

Baca : Dugaan Pelanggaran Administrasi Memenuhi Unsur, Bawaslu Teruskan Ke KPU


Berita Terkait