Mulai 4 Januari 2021, Mensos Akan Salurkan Bansos, Begini Rinciannya

Rabu, 30 Desember 2020 13:57 Eris Kuswara Nasional

Mulai 4 Januari 2021, Mensos Akan Salurkan Bansos, Begini Rinciannya

 

Koropak.co.id - Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini atau yang lebih akrab disapa Risma menyatakan bahwa pada awal Januari 2021 mendatang, pemerintah secara resmi akan mulai menyalurkan berbagai Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat di Indonesia, baik itu reguler maupun nonreguler.

Salah satunya adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang akan disalurkan kepada 18,8 juta penerima dengan besaran Rp 200.000 per bulan.

"Itu akan diberikan mulai Januari sampai dengan Desember 2021 mendatang. Sementara untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 300.000 akan disalurkan kepada 10 juta penerima di Indonesia, termasuk untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19 di Jabodetabek," kata Risma saat jumpa pers secara virtual di Kantor Presiden sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (30/12/2020).

Ditambahkan Risma, bansos tersebut akan disalurkan selama 4 bulan mulai dari Januari hingga April 2021 mendatang melalui PT Pos sebagai penyalurnya. Jadi bansos ini tidak utuh selama satu tahun seperti hanya Program Keluarga Harapan (PKH).

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan kontrol untuk pembeliannya dan akan dibuatkan pula edaran mengenai belanja apa saja yang bisa digunakan.

 

Baca : Jokowi Reshuffle Kabinet, Risma Menjadi Menteri Sosial Menggantikan Juliari

 

Sementara itu, Wakil Presiden RI, H Ma'ruf Amin pun turut angkat bicara soal penyaluran Bansos Tahun 2021 yang diarahkan dalam bentuk tunai melalui layanan digital. Hal itu sendiri diungkapkannya Ma'ruf Amin melalui akun Twitter resminya, @Kiyai_MarufAmin, pada Selasa (29/12/2020) malam.

Menurutnya, mekanisme penyaluran bansos akan diberikan dalam bentuk tunai baik itu melalui kantor pos atau bank melalui rekening penerima manfaat.

"Proses digitalisasi data bansos yang terintegrasi dengan banking system ini harus kita laksanakan agar penyaluran dapat tepat sasaran," tulis Ma'ruf Amin.

Melalui unggahannya itu juga, Ma'ruf Amin mengaku turut mendampingi Presiden RI, Ir H Joko Widodo dalam memimpin rapat terbatas tentang Persiapan Penyaluran Bansos Tahun 2021 di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam rapat tersebut, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 110 triliun untuk melanjutkan program perlindungan sosial tersebut.

Dengan rincian sekitar Rp 45,1 triliun disiapkan untuk Program Kartu Sembako yang akan disalurkan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Untuk PKH akan mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp 28,7 triliun untuk 10 juta KPM selama 4 triwulan. Sementara untuk bansos tunai dianggarkan senilai Rp 12 triliun dengan sasaran 10 juta KPM. Sedangkan untuk Program Kartu Prakerja disiapkan anggaran senilai Rp 10 triliun dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp 14,4 triliun. Ditambah juga dengan diskon listrik selama 6 bulan Rp 3,78 triliun," ucapnya.*

 

Baca : Pemerintah Resmi Berlakukan Kebijakan Tutup Pintu Bagi WNA Ke Indonesia

 


Berita Terkait