Angka Partisipasi Pemilih di Pilkada Tasikmalaya 2020 Alami Lonjakan

Rabu, 30 Desember 2020 19:50 D. Farhan Kamil Pilkada

Angka Partisipasi Pemilih di Pilkada Tasikmalaya 2020 Alami Lonjakan

 

Koropak.co.id - Meskipun jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 tidak mencapai target angka 77,5 persen, namun KPU Kabupaten Tasikmalaya mengklaim tingkat partisipasi pemilih mengalami lonjakan signifikan dibanding tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2015 lalu.

Tingkat partisipasi pada Pilkada 2020 mencapai 73,17 persen sedangkan pada Pilkada 2015 hanya mencapai angka 60,33 atau meningkat 12,84 persen. Peningkatan angka partisipasi tersebut, menempatkan KPU Kabupaten Tasikmalaya berada di posisi teratas dari 8 kabupaten/kota di Jawa Barat yang melaksanakan Pilkada serentak.

"Ya kita berada di posisi paling atas dari 8 kabupaten/kota di Jawa Barat yang mengalami lonjakan jumlah partisipasi pemilih paling banyak dibandingkan dengan jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada sebelumnya," kata Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Istianah M.Ag didampingi Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Ai Rochmawati, Rabu (30/12/2020).

Kenaikan angka partisipasi itu terang Istianah, tidak terlepas dari kerja bareng KPU beserta jajaran adhok KPU, peserta pemilu dan juga relawan demokrasi serta pihak terkait lainnya, yang turut menyosialisasikan Pilkada serentak 2020 dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Pemilu.

 

Baca : KPU Kabupaten Tasikmalaya Tunggu-penetapan MK Jika Ada Gugatan

 

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya, Ai Rochmawati menyebutkan, pada Selasa (29/12/2020) KPU Kabupaten Tasikmalaya meraih 4 penghargaan dari KPU Provinsi Jawa Barat.

Keempat penghargaan tersebut, antara lain pada kategori KPU terbaik dalam mengevaluasi dan merencanakan logistik Pemilihan Tahun 2020. Kemudian kategori penyelenggaraan sosialisasi pengelolaan PAW secara daring dan luring, 100% publikasi Sirekap pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

Dan terakhir pada kategori terbaik ke-2 sebagai DPT berkualitas pada Pemilihan serentak tahun 2020. "Tentu saja semua penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk melangkah lebih baik di masa yang akan datang. Dan semoga penghargaan ini menjadikan kami lebih dewasa dalam menghadapi setiap kegiatan yang lebih bermanfaat dan juga berkah," kata Ai.*

 

Baca : KPU Bakal Mengkaji Rekomendasi Bawaslu Terkait Dugaan Pelanggaran Administrasi


Berita Terkait