Jelang Tahun Baru, Dishub dan BNN Ciamis Lakukan Ramp Check dan Tes Urine

Kamis, 31 Desember 2020 13:56 Didit Fauzi Daerah

Jelang Tahun Baru, Dishub dan BNN Ciamis Lakukan Ramp Check dan Tes Urine

 

 

Koropak.co.id - Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan BNNK Ciamis melaksanakan ramp check (Inspeksi Keselamatan) Kendaraan sekaligus melakukan pemeriksaan urine terhadap para awak angkutan di Terminal Ciamis, Rabu (30/12/2020).

Ramp check tersebut meliputi pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan, kelaikan kendaraan seperti pemeriksaan ban, brake atau pengereman, lampu-lampu dan juga setir.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Ciamis, Bambang Hermansyah, S.Sos., M.Si., mengatakan, ramp check dilaksanakan untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang baik yang akan bepergian atau yang datang ke Ciamis.

"Selain surat kendaraan, kami juga memeriksa komponen-komponen kendaraan bagian paling utama. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang angkutan umum," kata Bambang.

Bambang menyebutkan, awak angkutan juga ikut diperiksa oleh BNNK Ciamis, dengan melakukan tes urine dan pemeriksaan kesehatan. Dan dari pemeriksaan terhadap 10 awak angkutan, hasilnya negatif dan dalam kondisi sehat.

 

Baca : Gelar Razia Gabungan, Petugas Hentikan Mobil Bupati Ciamis

 

Sementara itu Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., mengatakan, pemeriksaan tersebut sebagai upaya deteksi dini terhadap masyarakat, dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang kerap terjadi pada momen pergantian tahun baru.

"Ini sebagai upaya melindungi masyarakat dari hal-hal buruk seiring dengan meningkatnya mobilitas kendaraan yang dapat memicu awak angkutan khususnya pengemudi, menggunakan narkoba," ujarnya.*

 

Baca : Jelang Pergantian Tahun, Polri Minta Masyarakat Waspadai Teror dan Provokasi


Berita Terkait