Berawal Dari Screening, Belasan Ibu Hamil di Kota Tasikmalaya Positif Covid-19

Kamis, 31 Desember 2020 15:10 Dede Hadiyana Daerah

Berawal Dari Screening, Belasan Ibu Hamil di Kota Tasikmalaya Positif Covid-19

 

Koropak.co.id - Tercatat hingga Rabu, (30/12/2020), sudah terjadi 18 kasus kehamilan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo Kota Tasikmalaya.

Hal tersebut dibenarkan Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya Budi Tirmadi. Dan saat ini ada 3 pasien ibu hamil yang tengah dirawat di ruang isolasi RSUD dr Soekardjo.

"Kondisi pasien sebelumnya saat masuk rumah sakit memang tidak terlalu berkaitan dengan status Covid-19. Akan tetapi, mekanisme di RSUD dr Soekardjo ada proses Screening," ujarnya, Kamis (31/12/2020).

Dalam Srceening tersebut, lanjutnya, pasien ibu hamil ini akan dilakukan pemerikasaan awal dengan Rapid Test baik antigen maupun antibodi. Jika hasilnya reaktif, maka sesuai prosedur akan dilakukan pemeriksaan dengan alat tes cepat molekuler.

"Dan jika hasilnya positif, maka pasien tersebut sudah terkonfirmasi positif dan secara otomatis dirawat di ruang isolasi," katanya.

 

Baca : Terjadi Lonjakan Dahsyat Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya

 

Menurutnya, pada kasus ini proses persalinan pasien ibu hamil yang terpapar Covid-19 tergantung kondisi klinis seperti biasanya yakni persalinan normal hingga harus melakukan operasi sesar.

"Akan tetapi, secara prosedur dalam persalinan harus tetap dengan standar penangan Covid-19. Dan pada saat bayi lahir, dengan terpaksa harus dipisahkan dengan ibunya untuk menghindari penularan," ucapnya.

Secara umum, pasien positif Covid-19 terpisah dari pasien lainnya, termasuk ibu hamil atau melahirkan yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat diruang isolasi khusus pasien Covid-19.

Diketahui bahwa informasi perkembangan kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya tercatat hingga hari ini, Kamis, (31/12/2020) dengan total 930 orang kasus aktif. Terdapat penambahan kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 58 orang dan 7 orang dinyataka sembuh.*

 

Baca : Ngeri, di kota Tasikmalaya Hari Ini Kasu Covid Bertambah 255 Orang

 


Berita Terkait