Tenaga Kesehatan Kota Tasikmalaya Simulasikan Vaksinasi Covid-19

Sabtu, 09 Januari 2021 21:44 Eris Kuswara Daerah

Tenaga Kesehatan Kota Tasikmalaya Simulasikan Vaksinasi Covid-19

 

Koropak.co.id - Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menggelar kegiatan sosialisasi vaksinasi yang dilaksanakan di Puskesmas Kersanegara Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Jumat (8/1/2020). Kegiatan simulasi tersebut diikuti belasan Tenaga Kesehatan yang menjadi perwakilan Fasilitas Kesehatan sebagai para penerima vaksin Covid-19 pertama di Kota Tasikmalaya.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Asep Hendra Hendriana, MM mengatakan, kegiatan simulasi tersebut dilaksanakan berkaitan dengan akan dilaksanakannya vaksinasi Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

“Dengan adanya kegiatan simulasi ini, kami berharap bisa memberikan gambaran kepada rekan-rekan yang bertugas difasilitas kesehatan pemberi vaksin agar tidak gamang, gagap serta grogi saat akan divaksinasi,” kata Asep sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (9/1/2021).

Silmulasi Vaksinasi Covid-19 ini, Dinas Kesehatan mengharapkan pelaksanan vaksinasi di tempat Faskes nanti diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan.

"Kami sudah menyiapkan sebanyak 22 puskesmas, 1 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soekardjo dan 3 klinik Polisi dan TNI. Sehingga, untuk jumlah totalnya itu ada 26 Faskes yang digunakan sebagai tempat penyuntikan vaksin Covid-19 di Kota Tasikmalaya," ucapnya.

 

Tenaga Kesehatan Kota Tasikmalaya Simulasikan Vaksinasi Covid-19 (1)

 

Baca : Fatwa MUI Nyatakan Vaksin Covid-19 Suci dan Halal

 

Sementara itu, untuk kegiatan simulasi yang dilakukan untuk para tenaga kesehatan perwakilan seluruh puskesmas ini dimulai dari meja pendaftaran, screening, penyuntikan dan observasi. Pada intinya, tahapan yang dilakukan dalam simulasi tersebut akan menjadi tahapan vaksinasi mendatang.

"Ketika dalam pelaksanaan vaksinasinya nanti, tentunya kami juga akan melibatkan para nakes ini agar mereka benar-benar bisa memahami segala hal yang menjadi tahapan vaksinasi. Simulasi ini akan kami lakukan selama 2 hari dengan melibatkan 22 puskesmas serta nakes di faskes lainnya,” ujarnya.*

 

Baca : Di Tengah Euforia Vaksin Covid-19 Tersedia, WHO Bongkar Varian Baru Virus Corona


Berita Terkait