Kompolnas Rekomendasikan 5 Perwira Tinggi Pengganti Kapolri Idham Azis

Sabtu, 09 Januari 2021 22:09 Eris Kuswara Nasional

Kompolnas Rekomendasikan 5 Perwira Tinggi Pengganti Kapolri Idham Azis

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah merekomendasikan 5 nama perwira tinggi yang akan menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun atau purna tugas per 25 Januari 2021 mendatang.

Kelima nama yang diusulkan Kompolnas berpangkat jenderal bintang tiga itu juga telah diserahkan Ketua Kompolnas Mahfud MD kepada Presiden RI, Ir H Joko Widodo atau Jokowi setelah rapat pleno yang dilaksanakan pada Rabu (6/1/2021) lalu.

Diketahui, kelima nama tersebut juga terpilih setelah Kompolnas menyerap banyak aspirasi dari berbagai pihak mulai dari Purnawirawan Polri (PP Polri), internal Polri, tokoh masyarakat, akademisi hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Kelima nama itu juga dianggap telah memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas dan jam terbang sebagai calon kapolri. Sebagai gambaran, berikut profil dan jejak karir lima jenderal calon Kapolri pengganti Idham Azis sebagaiman dihimpun Koropak, Sabtu (9/1/2021).

 

Baca: DPR Puji Sikap Kapolri Yang Ingatkan Masa Pensiun Ke Presiden Jokowi

 

 

1. Komjen Pol Gatot Eddy Pramono
Komjen Pol Gatot Edy Pramono merupakan jenderal polisi yang berpengalaman dalam bidang reserse. Diketahui, saat ini dia sendiri tengah menjabat sebagai Wakapolri yang menggantikan Komisaris Jenderal (Purn) Ari Dono Sukmanto yang pensiun pada 1 Januari 2020 lalu.

Pria kelahiran Solok, Sumatera Barat, 28 Juni 1965 ini juga merupakan lulusan akademi polisi pada tahun 1988. Sebelum menjadi Wakapolri, Gatot Edy sendiri telah mengisi sejumlah pos jabatan. Mulai dari menjadi Sekretaris Pribadi Kapolri pada tahun 2006, Kepala Kepolisian Resort Metro Depok tahun 2008, Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan tahun 2009 hingga dipromosikan menjadi Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Idham Azis pada 2019.

 

 

2. Komjen Pol Boy Rafli Amar
Komjen Pol Boy Rafli Amar merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1998. Dengan tersemat pangkat komisaris pada 1991, tercatat karir putra dari pasangan Minangkabau ini terus menanjak. Bahkan, wajah dan namanya semakin dikenal publik setelah Polri menunjuk Boy Rafli sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri pada tahun 2012.

Selain itu, dia juga merupakan perwira tinggi Polri yang berpengalaman di bidang reserse. Tercatat, Boy Rafli mengisi sejumlah jabatan strategis selama berkarir di Korps Bhayangkara. Mulai dari menjadi Kabid Humas Polda Metro Jaya tahun 2009, Kabagpenum Ropenmas Divisi Humas Polri tahun 2010, Karopenmas Divisi Humas Polri tahun 2012. Kemudian memegang tongkat komando Kapolda Banten tahun 2014 hingga Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri tahun 2018.

 

 

3. Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan perwira polisi jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991. Diketahui saat ini dia menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim) yang terhitung sejak 6 Desember 2019 menggantikan Idham Azis yang dipromosikan jabatan menjadi Kapolri.

Sebelum menjadi Kabareskrim, Listyo juga pernah mengisi jabatan di pos polisi dengan menjabat sebagai Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro Personel Polda Metro Jaya. Karir pria kelahiran Maluku 5 Mei 1969 ini juga banyak menduduki jabatan kepolisian di daerah Jawa Tengah salah satunya pernah menjadi Kapolres Pati tahun 2009 hingga pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi pada tahun 2014.

 

 

4. Komjen Pol Arief Sulistyanto
Komjen Arief Sulistyanto merupakan lulusan Akpol tahun 1987. Pria kelahiran Nganjuk 24 Maret 1965 lalu ini juga menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri sejak 22 Januari 2019. Selain itu, dia juga merupakan salah satu jenderal berpengalaman dalam bidang reserse. Tercatat, Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini dalam penyidik adalah sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri tahun 2018.

 

 

5. Komjen Pol Agus Andrianto
Komjen Agus Andrianto merupakan lulusan Akpol tahun 1989. Tercatat, sejak 6 Desember 2019 lalu, dia menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri menggantikan Firli Bahuri yang terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Perwira tinggi kelahiran Blora 16 Februari 1967 lalu ini juga berpengalaman dalam bidang reserse. Dia pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara tahun 2018. Bahkan sebelumnya, Agus juga pernah menjabat sebagai Wakapolda Sumut tahun 2017 serta menjadi Dirtipidum Bareskrim Polri tahun 2016.*

 

Baca Juga: Jelang Pensiun, Kapolri Idham Azis Terima Dua Penghargaan dari TNI

 

 


Berita Terkait