Menhub: Kronologi Pesawat Sriwijaya Air, Hilang Kontak Hingga Jatuh

Minggu, 10 Januari 2021 15:36 Eris Kuswara Nasional

Menhub: Kronologi Pesawat Sriwijaya Air, Hilang Kontak Hingga Jatuh

 

Koropak.co.id - Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta - Pontianak yang membawa 50 penumpang, telah mengalami hilang kontak terakhir pada Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB.

Kronologisnya, pesawat Sriwijaya Air tersebut berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 14.37 WIB. Pesawat ini diizinkan terbang ke ketinggian 29.000 kaki sesuai dengan standar instrumen.

"Pada pukul 14.40 WIB, arah Sriwijaya Air ini tidak ke arah O75 derajat melainkan terbang ke Barat Laut. Pihak ATC saat itu meminta pilot segera melaporkan arah pesawat. Tidak lama kemudian, hanya dalam hitungan second (detik) , SJY 182 hilang dari radar," kata Budi sebagaimana dihimpun Koropak, Minggu (10/1/2021).

Kemudian lanjut Budi, manajer operasi ATC langsung berkoordinasi dengan Basarnas, bandara tujuan dan instansi terkait. Saat kejadian, data kondisi cuaca masih dalam koordinasi dengan BMKG.

 

Baca : Kompolnas Rekomendasikan Perwira Tinggi Pengganti Kapolri Idham Azis

 

Sementara itu, untuk jumlah total penumpang di Sriwijaya Air sebanyak 50 orang terdiri dari 40 orang dewasa, 7 anak- anak dan 3 bayi bersama dengan 6 awak pesawat aktif.

"Mengetahui kabar pesawat yang hilang kontak, Pak Presiden Jokowi langsung memberikan arahan untuk memaksimalkan pencarian. Tentu saja kami sudah mengerahkan kapal basarnas sebanyak 4 kapal, 3 kapal karet dan 3 kapal dari TNI AL KRI. Kapal-kapal itu juga sudah ada di TKP," tuturnya.

Pihaknya memohon doa restu dari seluruh masyarakat, agar proses pencarian dan penyelamatan berjalan dengan lancar. Untuk hotline dari sriwijaya sendiri dan untuk informasi penumpang ada pada nomor 021-806 37817," ujarnya.*

 

Baca : Pesawat Sriwijaya Air Jakarta-Pontianak Meledak di Kepulauan Seribu


Berita Terkait