KPU Kirim Hasil Tindak Lanjut Rekomendasi Bawaslu Ke Pasangan Ade-Cecep dan Iwan-Iip

Selasa, 12 Januari 2021 06:16 D. Farhan Kamil Pilkada

KPU Kirim Hasil Tindak Lanjut Rekomendasi Bawaslu Ke Pasangan Ade-Cecep dan Iwan-Iip


Koropak.co.id - Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Hukum dan Teknis, Fahrudin, S.Ag mengatakan, KPU telah melayangkan surat yang berisi tentang pengumuman KPU Kabupaten Tasikmalaya nomor 15/PY.02.1-Pu/3206/KPU-Kab/I/2021, tentang hasil tindak lanjut atas surat Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya nomor 046/K.BAWASLU.JB-18/PM.00.02/XII/2020, kepada dua pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 4 dan 2.

"Ya, hari ini kami langsung mengirim surat berkaitan soal jawaban KPU atas surat rekomendasi Bawaslu kepada pihak pelapor dalam hal ini calon bupati nomor urut 4, Iwan Saputra dan kepada pihak terlapor dalam hal ini calon bupati nomor urut 2, Ade Sugianto. Kami juga melayangkan surat yang sama ke Bawaslu," kata Fahrudin, Senin (11/12/2021).

KPU juga lanjut Fahrudin, akan melaporkan hasil tindak lanjut KPU atas rekomendasi Bawaslu tersebut ke KPU RI, melalui KPU Provinsi Jawa Barat.

Ditambahkan, agenda KPU selanjutnya, adalah mengikuti sidang sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi yang direncanakan digelar pada tanggal 18 atau 19 Januari 2021 besok.

"Kami masih menunggu jadwal definitifnya dari MK apakah jadwal sidangnya tangal 18 atau 19 Januari. KPU sebagai terlapor dan Bawaslu tentunya hadir di persidangan nanti termasuk pihak pelapor, dengan agenda putusan sela. Artinya apakah kasus akan berlanjut ke persidangan berikutnya atau tidak," tuturnya.

 

Baca : Ini Dasar Bawaslu Rekomendasi Ke KPU Soal Dugaan Pelanggaran Administrasi

Baca : KPU Bakal Mengkaji Rekomendasi Bawaslu Terkait Dugaan Pelanggaran Administrasi

 

Seperti diberitakan sebelumnya, Senin (11/12/2021) tepat pukul 16.20, KPU Kabupaten Tasikmalaya secara resmi menyampaikan jawaban atau tindak lanjut dari rekomendasi Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, terkait dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan oleh petahana dalam hal ini calon bupati nomor urut 2, Ade Sugianto yang berpasangan dengan calon wakil bupati Cecep Nurul Yakin, pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin menuturkan, sejak menerima surat dari Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Nomor: 046/K.BAWASLU.JB18/PM.00.02/XII/2020 tertanggal 30 Desember 2020, perihal Penerusan Pelanggaran Administrasi, KPU Kabupaten Tasikmalaya telah melakukan pencermatan, penelitian, dan pengkajian guna menindaklanjuti surat dari Bawaslu tersebut.

"Berdasarkan hasil pencermatan, penelitian, dan pengkajian itu, KPU Kabupaten Tasikmalaya memutuskan bahwa perkara dugaan pelanggaran pasal 71 ayat (3) Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 yang dilakukan oleh calon bupati (petahana) nomor urut 2 atas nama H. Ade Sugianto, tidak terbukti," tegas Zamzam.*

 

Baca : KPU Tolak Seluruh Laporan Dugaan Pelanggaran Administrasi Dari Pasangan WANI


Berita Terkait