Tim SAR Terjunkan 3.600 Personel dalam Pencarian Sriwijaya Air SJ 182

Selasa, 12 Januari 2021 15:17 Eris Kuswara Nasional

Tim SAR Terjunkan 3.600 Personel dalam Pencarian Sriwijaya Air SJ 182


Koropak.co.id - Tim Search And Rescue (SAR) Gabungan kembali melakukan operasi pencarian Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Tercatat pada hari keempat ini, Selasa (12/1/2021) setidaknya ada sekitar 3.600 orang personel yang terlibat dalam pencarian.

"Sampai saat ini, untuk yang terlibat ada sekitar 3.600-an orang dengan segala tugas dan fungsinya. Dalam pencarian ini kami fokuskan di Last Know Position (LKP) untuk pertolongan dan pencarian," kata Direktur Operasional Basarnas, Brigjen TNI (Mars) Rasman, di JICT, Jakarta Utara, sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa (12/1/2021).

Kemudian, kata Rasman, ada 54 kapal, 13 bantuan udara, 20 unit jetski, perahu karet maupun sea rider, dan 22 ambulans yang terlibat dalam pencarian kali ini. Selanjutnya, sesuai dengan perkiraan Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG), cuaca pada hari ini berawan dan gelombang laut mulai dari 0,5 sampai 1 meter.

 

Baca : RS Polri Terima Ante Mortem Dua Belas Keluarga Korban Sriwijaya Air

 

"Kami berharap semoga saja cuaca hari ini bersahabat, sehingga seluruh potensi tim yang melaksanakan kegiatan khususnya di LKP dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Selain itu, mari kita doakan juga untuk rekan-rekan kita yang sudah 3 hari bekerja di lapangan. Karena ini juga bukan pekerjaan yang mudah, butuh keterampilan dan fisik. Kemudian mekanismenya juga sudah diatur secara bergantian," ucapnya.

Ia menuturkan, hingga saat ini, pihaknya juga memperluas area pencarian. Tercatat, untuk pencarian udara dibagi menjadi 9 sektor, sedangkan untuk di laut dibagi 6 sektor. Dari enam sektor itu juga dimaksimalkan khusus untuk mencari black box, dengan diperkuat oleh 4 unsur yang mempunyai kemampuan seperti dari KRI Rigel dan Baruna Jaya.*

 

Baca : Basarnas Berhasil Temukan Titik Lokasi Kotak Hitam Pesawat Sriwijaya Air


Berita Terkait