DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dorong Desa dan Kecamatan Kaji Ulang Izin Tambang

Rabu, 13 Januari 2021 11:12 D. Farhan Kamil Parlemen

DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dorong Desa dan Kecamatan Kaji Ulang Izin Tambang

 

Koropak.co.id - Menanggapi aspirasi masyarakat Desa dan Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya, yang tergabung dalan Aliansi Masyarakat Peduli Galunggung (AMPeG) terkait izin tambang pasir (galian-C), Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Aang Budiana meminta perwakilan masyarakat dan pihak perusahaan, bermusyawarah.

Ia menegaskan, pada prinsipnya DPRD akan mengawal secara konstitusi, apa yang menjadi keinginan masyarakat sebagai reaksi dari persoalan yang tengah terjadi di Leuweung Keusik Kampung Pasir Ipis, Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya.

"Maka sebagai dasar DPRD melangkah, kami meminta perwakilan warga untuk duduk bersama dan bermusyawarah dengan pihak perusahaan dalam hal ini CV Trican. Kemudian Camat melaporkan hasil musyawarah tersebut dalam bentuk berita acara kepada DPRD melalui Komisi III," kata Aang, dalam kegiatan audiensi dengan AMPeG, Selasa (12/01/2021).

Komisi III juga meminta kepada pihak desa dan kecamatan untuk mengkaji ulang proses perizinan pertambangan yang diklaim telah dikantongi pihak perusahaan, untuk kemudian menjadi sebuah rekomendasi.

 

DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dorong Desa dan Kecamatan Kaji Ulang Izin Tambang

 

Dari hasil kajian dan berita acara hasil musyawaran warga dengan pihak perusahaan itu, menjadi dasar Komisi III untuk membuat nota ulang yang akan disampaikan kepada pihak provinsi.

"Itu tahapannya sehingga kami di Komisi III bisa bergerak mengawal aspirasi masyarakat. Hal ini juga kami lakukan dalam mengawal aspirasi masyarakat pasar Cikalong terkait izin toko moderen dan masyarakat di lingkungan terminal Ciawi. Dan selama dalam proses kajian, seluruh aktifitas yang bermasalah dan berdampak terhadap masyarakat di kedua tempat tersebut, dapat dihentikan," ujarnya.

Aang menambahkan, selama proses pengkajian, pihaknya akan menerbitkan surat rekemendasi kepada Satpol PP, agar menghentikan seluruh aktifitas perusahaan, di wilayah Leuweung Keusik Kampung Pasir Ipis.*

 

Baca : Setan Uang Bisa Membutakan Hati Dan Pikiran Hingga Lupa Jeritan Rakyat


Berita Terkait