Apakah Anda Sudah Mendapat Undangan Vaksin Covid-19? Ini Cara Mengeceknya

Rabu, 13 Januari 2021 16:23 Eris Kuswara Nasional

Apakah Anda Sudah Mendapat Undangan Vaksin Covid-19? Ini Cara Mengeceknya

 

Koropak.co.id - Hari ini, Rabu (13/1/2021) Indonesia telah memulai program vaksinasi Covid-19 secara perdana. Selain itu, Jokowi yang menjadi penerima vaksin pertama, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, perwakilan tokoh agama, artis Raffi Ahmad, perwakilan pengusaha, perwakilan dokter dan perwakilan bidang ikut menjadi penerima vaksin Covid-19 Sinovac tersebut.

Diketahui, penyuntikan vaksin Sinovac pertama ini juga dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Tercatat, pada gelombang pertama, vaksin tersebut akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan pejabat publik yang rentan terinfeksi Covid-19.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI pun memberikan informasi penerima vaksin tersebut di website https://pedulilindungi.id. Bagi kalian yang masih kebingungan, berikut cara pengecekan penerima vaksin Covid-19 dari Kominfo sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (13/1/2021).

1. Pertama, penerima vaksin akan menerima notifikasi pemberitahuan melalui SMS Blast dari ID Pengirim, PEDULICOVID.

2. Selanjutnya, pemerima vaksin pun harus melakukan registrasi ulang melalui SMS 1199 atau UMB di *119#, aplikasi Pedulilindungi atau website https://pedulilindungi.id atau bisa melalui Babinsa atau Babinkamtibmas setempat.

3. Kemudian, Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 pun akan mengirim tiket elektronik sebagai undangan kepada penerima vaksin yang telah terverifikasi.

4.Terakhir, pengingat jadwal layanan juga akan dikirimkan oleh sistem via SMS atau aplikasi Pedulilindungi.id kepada penerima.

 

Baca : Hari Ini, Presiden Jokowi Disuntik Vaksin, Begini Prosesnya

 

Selain cari diatas, terdapat cara lainnya dalam mengecek apakah kalian termasuk penerima vaksin Covid-19 atau tidak. Langkah pertama, kalian bisa membuka situs pedulilundungi.id/cek-nik, kemudian masukkan data berupa nomor NIK di kolom yang tersedia dan masukkan kode yang tertera di layar.

Setelah itu, klik selanjutnya lalu layar pun akan menunjukkan hasil apakah NIK kalian terdaftar atau tidak. Sementara itu, diketahui PeduliLindungi sendiri dibuat oleh pemerintah melalui Kominfo. Aplikasi ini sendiri diluncurkan pada Maret 2020 lalu dan sudah diunduh lebih dari 4,5 juta pengguna.

Masyarakat juga bisa mengecek apakah dirinya terdaftar sebagai penerima vaksinasi Covid-19 prioritas atau melalui website https://pedulilindungi.id/.

Atau juga dengan mengeceknya melalui aplikasi PeduliLindungi yang dapat diunduh di Google PlayStore bagi pengguna Android dan Appstore bagi pengguna IOS.*

 

Baca : Meski Sudah Ada Vaksin, Jokowi Berpesan Untuk Tetap Jaga Protokol Kesehatan

 


Berita Terkait