Heboh, Setelah Divaksin Raffi Ahmad Berkerumun Tanpa Menggunakan Masker

Kamis, 14 Januari 2021 14:04 Eris Kuswara Nasional

Heboh, Setelah Divaksin Raffi Ahmad Berkerumun Tanpa Menggunakan Masker

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, selebriti ternama tanah air, Raffi Ahmad mendadak menjadi perbincangan hangat netizen di media sosial. Hal itu terjadi setelah beredar foto dirinya yang datang ke sebuah acara tanpa mengenakan masker beberapa jam setelah divaksin Covid-19.

Diketahui, Raffi Ahmad sendiri menjadi salah satu orang yang masuk dalam kelompok penerima vaksin perdana yang dilaksanakan di Istana Negara, pada Rabu (13/1/2021) lalu. Saat itu, dia disuntik vaksin Covid-19 bersama Presiden RI, Ir H Joko Widodo atau Jokowi dan sederet menteri lainnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil tangkapan layar Instagram Stories yang beredar di media sosial tersebut, tampak Raffi Ahmad berfoto bersama dengan sang istri Nagita Slavina, Anya Geraldine dan Gading Marten tanpa mengenakan masker.

Imbasnya, banyak netizen yang menyayangkan tindakan Raffi Ahmad dikarenakan mereka berharap dia bisa memberikan contoh yang baik bagi masyarakat awam untuk vaksinasi Covid-19. Bahkan, tidak ketinggalan penyanyi ternama tanah air, Sherina Munaf ikut mengkritisi tindakan ayah dari Rafatar tersebut.

 

Baca : Hari Ini, Presiden Jokowi Disuntik Vaksin, Begini Prosesnya

 

"Halo Raffi Ahmad, setelah divaksin bukan berarti keluyuran rame2 dong. Anda dipilih jatah awal2 vaksin karena followers banyak. Dengan alasan yang sama, tolong berikutnya konsisten beri contoh yang baik. Please you can do better than this. Your followers are counting on you," tulis Sherina di akun Twitter pribadinya.

Perlu dijadikan sebagai catatan bahwa antibodi Covid-19 tidak langsung terbentuk setelah vaksinasi. Sehingga, seseorang itu tidak bisa serta merta menjadi kebal setelah dirinya suntik. Oleh karena itu, kunci utamanya protokol kesehatan pun harus tetap dijalankan.

Juru bicara vaksinasi Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro menegaskan, setelah menerima vaksin, semua orang harus tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan,"Semua orang harus tetap disiplin protokol kesehatan, termasuk bagi yang sudah divaksinasi. Yuk untuk kita saling mengingatkan protokol kesehatan dan vaksinasi menjadi satu kesatuan dan menjadi benteng perlindungan diri kita dari Covid-19," katanya.

Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (Itagi) Prof Dr Sri Rezeki S Hadinegoro mengatakan, setelah divaksin, antibodi seseorang tidak langsung tinggi dan memerlukan waktu untuk meningkatkan antibodi paling tidak setelah dua kali suntik yakni 14 hari sampai 1 bulan baru bisa maksimal.

"Sulit untuk menentukan waktu keterpaparan. Karena, seseorang dapat terkena virus sebelum divaksinasi dan menunjukkan gejala setelahnya. Oleh karena itu, penting sekali bagi kita untuk terus memakai masker dan menjaga jarak serta cuci tangan sampai tingkat infeksi virus Corona rendah dan suatu negara mencapai herd immunity," kata Sri.

Gegara hal itu juga, Raffi Ahmad pun meminta maaf melalui akun Instagramnya,"Terkait peristiwa tadi malam, dimana saya terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa masker dan tanpa jaga jarak, pertama saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak @jokowi, Sekretariat Presiden, KPCPEN, dan juga kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tersebut," tulis Raffi Ahmad.*

 

Baca pula : Umat Islam Tanah Air Berduka, Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

 


Berita Terkait