Operasi Tim SAR Selesai, Semua Korban Bencana Tanah Longsor Sumedang Ditemukan

Selasa, 19 Januari 2021 12:52 Eris Kuswara Daerah

Operasi Tim SAR Selesai, Semua Korban Bencana Tanah Longsor Sumedang Ditemukan

 

Koropak.co.id - Tim SAR Gabungan telah berhasil menemukan seluruh korban bencana tanah longsor yang terjadi di Kampung Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Tercatat, Senin (18/1/2021), Tim SAR Gabungan berhasil menemukan 8 korban yang tersisa, sehingga jumlah total korban yang ditemukan dalam kejadian longsor tersebut sebanyak 40 orang.

Kepala Basarnas Bandung sekaligus SAR Mission Coordinator (SMC), Deden Ridwansyah secara resmi menutup operasi pencarian terhadap 40 korban bencana tanah longsor Sumedang yang telah ditemukan Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia.

Selain itu, Tim SAR Gabungan sendiri diketahui kemarin berhasil menemukan 8 korban di sektor 2 yaitu di lokasi rumah pada longsoran pertama. Dalam keterangannya, Deden menyebutkan keberhasilan yang diraih berkat sinergitas dan kerjasama tim di lapangan yang baik antara unsur SAR.

 

Baca : Hari Kesepuluh, 8 Orang Masih Pencarian Akibat Longsor Sumedang

 

"Pencarian ini berhasil dikarenakan juga adanya dukungan dan spirit yang luar biasa dari semua tim, sehingga seluruh korban bisa ditemukan. Kami juga berharap agar tidak ada lagi kejadian serupa khususnya di Jawa Barat dan umumnya di Indonesia," kata Deden sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa (19/1/2021).

Sementara itu, untuk unsur SAR yang terlibat dalam operasi pencarian selama 10 hari tersebut meliputi Basarnas Bandung, TNI/POLRI, BNPB, BMKG, Kementerian PUPR, Tim DVI Polda Jabar, BPBD Provinsi Jabar, BPBD Sumedang, PMI Provinsi Jabar, Dinkes Sumedang, BBWS Citarum, dan Potensi SAR Jawa Barat yang tergabung dalam Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3).

Diberitakan sebelumnya, bencana tanah longsor terjadi di Kampung Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (9/1/2021). Proses pencarian korban juga sempat beberapa kali dihentikan dikarenakan kendala cuaca, dan khawatir akan terjadinya longsor susulan.*

 

Baca pula : Longsor Sumedang Jabar, Ini Identitas 25 Korban yang Meninggal Dunia

 


Berita Terkait