Ratusan Warga Terdampak Banjir Bandang di Kawasan Puncak Bogor

Selasa, 19 Januari 2021 15:38 Eris Kuswara Daerah

Ratusan Warga Terdampak Banjir Bandang di Kawasan Puncak Bogor

 

Koropak.co.id - Indonesia dirundung bencana, kini bencana banjir bandang terjadi kawasan Puncak Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021). Akibat bencana tersebut, dikabarkan ratusan warga setempat mengungsi dikarenakan tempat tinggalnya dihantam lumpur akibat banjir bandang.

"Hari ini, telah terjadi banjir bandang di sekitar Gunung Mas Puncak, Desa Tugu Selatan, Cisarua Bogor. Banjir tersebut berasal dari luapan air sungai dari bukit. Hingga saat ini, kami masih melakukan pendataan," kata Kepala Tagana Kabupaten Bogor, Taufik sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa (19/1/2021).

Ia menuturkan, tercatat, hingga saat ini warga diungsikan untuk sementara ke tempat yang lebih aman. Karena dikhawatirkan terjadi banjir susulan dan juga untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. Sementara itu, berdasarkan data sementara, setidaknya 474 jiwa dari 134 Kepala Keluarga (KK) diungsikan sementara ke tempat yang lebih aman di sekitar lokasi.

 

Baca : Operasi Tim SAR Selesai, Semua Korban Bencana Tanah Longsor Sumedang Ditemukan

 

"Sementara, untuk petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TAGANA, TNI dan Kepolisian juga sudah bersiaga di lokasi untuk membantu pengevakuasian warga. Untuk korban jiwa sampai saat ini belum ada laporan. Akan tetapi warga diungsikan terlebih dahulu ke tempat yang aman," ucapnya.

Dikatakan, sedangkan untuk bangunan, hasil data sementara, terjadi kerusakan di beberapa rumah warga dan banyak lumpur yang masuk ke dalam rumah warga. Selain itu, Tim BPBD yang terdiri dari tim evakuasi dan perlengkapan, tim tenda shelter logistik, serta tim P3K dengan ambulans juga bersiap siaga untuk menjemput apabila ada pengungsi.*

 

Baca pula : Sebanyak 15 Orang Meninggal Dunia Akibat Bencana Banjir Kalimantan Selatan

 


Berita Terkait