DKPP Kabupaten Tasikmalaya Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

Selasa, 19 Januari 2021 17:58 Eris Kuswara Daerah

DKPP Kabupaten Tasikmalaya Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

 

Koropak.co.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) menggelar kegiatan sosialisasi vaksinasi dalam rangka pencegahan penyebaran wabah Covid-19 yang diadakan di Aula DKPP Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (19/01/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen mengatakan, tercatat, saat ini Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah menerima dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang diuji secara klinis di kota Bandung sejak Agustus 2020 sebanyak 3.440 dosis.

"Jumlah tersebut akan terus meningkat seiring dengan kebutuhan penanganan masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, kami juga telah mengupayakan agar pada awal Januari 2021 ini, kegiatan vaksinasi Covid-19 bisa segera terlaksana di Kabupaten Tasikmalaya," kata Zen.

Ia menuturkan, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya juga menyakini bahwa wabah Covid-19 yang semakin meluas bisa dicegah. Pihaknya juga meyakini setelah vaksinasi diputuskan dimulai, semuanya sudah dalam keadaan siap. Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap memantau dan mengikuti petunjuk serta informasi yang akan diberikan Pemerintah.

 

Baca : Berawal Dari Screening, Belasan Ibu Hamil di Kota Tasikmalaya Positif Covid-19

 

"Meskipun vaksin itu sudah ada, akan tetapi kita juga harus tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Pada intinya kita harus tetap disiplin dengan menerapkan 3M mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DKPP Kabupaten Tasikmalaya, Heru Suharto menuturkan, terdapat beberapa manfaat dari dilakukannya vaksinasi Covid-19 mulai dari menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19 hingga mampu mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat.

"Vaksin Covid-19 itu juga dapat melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi," tutur Heru.*

 

Baca pula : Tenaga Kesehatan Kota Tasikmalaya Simulasikan Vaksinasi Covid-19

 


Berita Terkait