Seluruh Peralatan di Laboratorium Biomolekuler Telah Lewati Quality Control

Selasa, 19 Januari 2021 20:19 Dede Hadiyana Daerah

Seluruh Peralatan di Laboratorium Biomolekuler Telah Lewati Quality Control

 

Koropak.co.id - Secara keseluruhan, peralatan PCR di Laboratorium Biomolekuler di Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya sudah siap beroperasi. Bahkan sebelumnya, sudah dilakukan uji Quality Control yang sudah memenuhi syarat termasuk juga dengan tingkat akurasinya.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat selepas mengikuti peresmian Laboratorium Biomolekuler sebagai pelayanan pemeriksaan PCR Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Selasa (19/1/2021).

"Seperti diketahui bersama, bahwa tingkat keakuratan PCR itu berada dikisaran antara 70 sampai 75 persen keatas. Alhamdulillah, untuk yang ada di Kota Tasikmalaya ini sudah lolos Quality Control termasuk peralatan lainnya mulai dari unit PCR, RMA Extrasi dan alat pendukung lainnya sudah terpenuhi disini. Ruangan yang digunakan juga bertekanan negatif dan sudah berfungsi dengan baik," kata Uus.

Menurutnya, mesin tersebut memiliki kapasitas yang cukup besar yakni mencapai 60 sampai 98 sampel dalam satu kali Running. Selain itu, jika dalam satu hari dilakukan dua kali Running, maka akan mendapatkan hasil sekitar 200 sampel setiap harinya. Sementara itu, di Kota Tasikmalaya sendiri setiap harinya mencapai 80 hingga 120 sampel yang diambil dari masyarakat.

 

Baca : Laboratorium Biomolekuler Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya Resmi Beroperasi


"Artinya, sekarang setiap harinya dapat tertangani, maksimal besok hari hasilnya sudah dapat diketahui. Sebelumnya, untuk mendapatkan hasil pemeriksaan tersebut kita harus menunggu 4 sampai 7 hari, bahkan hingga 10 hari dari provinsi. Ini menjadi hal yang penting, karena sekarang kita sudah memiliki peralatan sendiri dan hasilnya bisa lebih cepat diketahui," ujarnya.

Ia menuturkan, namun, semakin banyak sampel yang diambil, maka akan ada banyak kemungkinan yang terjaring positif Covid-19. Sehingga, untuk mengatisipasi hal itu, pihaknya sudah mempersiapkan ruang isolasi tambahan sebanyak 100 ruangan di Rumah Sakit Dewi Sartika Tasikmalaya. Akan tetapi, untuk saat ini masih disiapkan 60 ruangan yang juga sudah dalam tahap sosialisasi. Termasuk sudah dicadangkan juga Rumah Sakit Purbaratu.

"Satu bulan sebelumnya, Kami juga sudah mempersiapkan dan merekrut untuk Sumber Daya Manusia (SDM), mulai dari dokter, perawat, apoteker, ahli gizi, hingga Cleaning Service. Kami berharap meskipun sudah dipersiapkan ruangannya, semoga saja tidak terpakai. Artinya hasilnya negatif semua. Namun hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi aja. Alhamdulillah, mulai dari penjemputan pasien, PEC, laboratorium, ruang isolasi, semuanya secara komprehensif sudah siap dalam penangulangan Covid-19," tuturnya.*

 

Baca pula : Yusuf : Jangan Terprovokasi Klaim Menyesatkan Tentang Vaksin Covid-19

 


Berita Terkait