Gempa 3,7 Skala Richter Guncang Mamuju Tengah Sulawesi Barat

Kamis, 21 Januari 2021 13:07 Eris Kuswara Nasional

Gempa 3,7 Skala Richter Guncang Mamuju Tengah Sulawesi Barat

 

Koropak.co.id - Tercatat, pada Rabu (20/1/2021) Gempa bumi 3,7 skala richter mengguncang Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Kejadian gempa bumi yang terjadi pada pukul 23.19 WITA, untuk episenter gempanya sendiri terletak pada koordinat 2,47 LS dan 119.54 BT.

Diketahui, gempa tersebut terjadi di darat, atau tepatnya pada jarak 42 kilometer arah Tenggara Mamuju Tengah pada kedalaman 6 kilometer. Namun gempa bumi yang terjadi kali ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dr Daryono mengatakan, gempa bumi yang terjadi Kabupaten Mamuju Tengah Sulawesi Barat kali ini tidak berpotensi merusak. Meskipun begitu, gempa ini turut dirasakan di Kabupaten Mamuju tepatnya di daerah Sampaga dan Bonehau.

 

Baca : Jumlah Korban Meninggal Akibat Gempa Sulawesi Barat Kembali Bertambah

 

"Gempa bumi ini bukan bagian dari rangkaian gempa susulan atau aftershocks dari gempa 6,2 skala richter yang sebelumnya mengguncang Kabupaten Majene dan Mamuju Sulawesi Barat," kata Daryono sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (21/1/2021).

Ia menambahkan, kejadian gempa bumi yang meluluhlantakkan Kota Mamuju tersebut hingga saat ini sangat minim gempa susulan. Tercatat, hingga saat ini, gempa susulan yang terjadi bertahan diangka 32,"Kami menyebutnya itu sebagai gempa miskin susulan atau lack of aftershocks," ujarnya.*

 

Baca pula : BMKG Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem di Puncak Musim Hujan

 


Berita Terkait