Hujan Deras Akibatkan Banjir Terjadi di Semarang

Sabtu, 06 Februari 2021 21:11 Eris Kuswara Nasional

Hujan Deras Akibatkan Banjir Terjadi di Semarang



Koropak.co.id - Hujan deras yang terjadi sejak Jumat (5/2/2021) malam membuat Kota Semarang, Jawa Tengah dilanda banjir, Sabtu (6/2/2021). Tercatat, beberapa wilayah di Kota Semarang pun ikut tergenang banjir salah satunya di wilayah Semarang Utara termasuk kompleks Kota Lama.

Sementara itu, di wilayah Tanah Mas, banjir masuk ke pemukiman warga hingga ketinggian 70 centimeter dan diprediksi masih akan terus meninggi dikarenakan curah hujan yang masih berlangsung dan membuat sejumlah saluran air di sekitar meluap.

Banjir juga turut menggenangi kawasan Mangkang, Semarang Barat dan Semarang Timur dengan ketinggian rata-rata 50 centimeter. Selain itu, banjir turut menggenangi sejumlah kawasan lainnya di Kota Semarang seperti Simpang Lima dan Stasiun Tawang. Petugas BPBD dan Basarnas Kota Semarang pun diterjunkan untuk menyisir dan mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

 

Baca : Bencana Banjir Akibat Luapan Sungai Wulan Kudus Semakin Meluas

Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti pun mendatangi lokasi banjir di kawasan Mangkang yang melumpuhkan jalur Pantura Semarang-Kendal,"Kami juga sudah meminta BPBD dan Basarnas untuk menyisir warga. Bencana ini sangat luar biasa dikarenakan hujan terjadi hampir 12 jam lamanya, sehingga hampir semua sungai di Kota Semarang itu meluap dan menggenangi rumah warga dan jalan," kata Hevearita sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (6/2/2021).

Selain itu, banjir juga turut melumpuhkan ruas Jalur Pantura Semarang-Kendal. Akibatnya, jalan pun tidak bisa dilalui kendaraan, sehingga para pengendara diminta untuk putar balik dan mencari jalur lain yang lebih aman. Jalur Pantura Semarang - Kendal itu pun terpaksa harus lumpuh selama 3 jam akibat banjir yang menggenangi ruas jalan hampir setinggi 1 meter.

Bahkan, landasan pacu Bandara Ahmad Yani, Semarang juga ikut tergenang banjir dan berisiko untuk tidak dapat digunakan. Imbasnya, satu penerbangan dari Jakarta pun sudah dialihkan ke Bandara Juanda, Surabaya dan sementara sebanyak 7 penerbangan lain mengalami penundaan.*

 

Baca pula : Bencana Banjir di Aceh Tamiang Semakin Meluas, Ribuan Warga Mengungsi