Kapusotdirga dan Danlanud Wiriadinata Kunjungi Pembuat Pesawat Terbang di Ciamis

Minggu, 07 Februari 2021 10:46 Eris Kuswara Daerah

Kapusotdirga dan Danlanud Wiriadinata Kunjungi Pembuat Pesawat Terbang di Ciamis

 

Koropak.co.id - Meski berada di desa yang jauh dari keramaian, ternyata hal itu tidak menyurutkan niat Suyanto untuk berkarya dengan berbekal pengalamannya saat bekerja disebuah perusahaan penerbangan Zenith di Amerika Serikat. Bahkan, dirinya juga percaya mampu membuat pesawat terbang secara mandiri

Hal inilah yang menarik perhatian Kepala Pusat Potensi Dirgantara (Kapuspotdirga), Marsma TNI Fajar Adriyanto bersama Komandan Lanud (Danlanud) Wiriadinata TNI Angkatan Udara (AU) Tasikmalaya, Letkol Nav Djoko Purnomo untuk meninjau langsung workshop pembuatan pesawat Suyanto di Desa Lakbok Kabupaten Ciamis, Sabtu (6/2/2021).

Kapuspotdirga, Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan bahwa memang sudah seharusnya warga Desa Lakbok berterima kasih dan bangga dikarenakan ada salah satu warganya yang bisa membuat pesawat terbang. Karena, seperti diketahui bahwa membuat sebuah pesawat terbang itu tidaklah mudah dan diperlukan pengetahuan dasar tentang ilmu aerodinamika yang juga tidak mudah untuk dipelajari.  

 

Baca : Dukung Ketahanan Pangan, Lanud Wiriadinata Tasikmalaya Manfaatkan Lahan Tidur

 

"Dengan mengandalkan mesin mobil bekas Honda Jazz bertenaga 130 hp, kami merasa takjub bahwa pesawat buatan bapak Suyanto ini tampak kokoh untuk diterbangkan. Terlebih lagi, berdasarkan keterangannya juga, ada beberapa part yang diimpor dari luar negeri guna melengkapi pesawat terbang yang dibuatnya," kata Fajar. 

Ia menambahkan, pihaknya juga merasa bangga karena ternyata 2 buah pesawat terbang yang dia rakit sebelumnya juga sudah berhasil dijual ke negara Cekoslowakia dengan bantuan daru relasi seorang temannya. 

"Kedepannya, jika pesawat terbang ini sudah selesai dirakit dan siap untuk di uji coba, maka kami melalui tim dari Puspotdirga siap membantu untuk memfasilitasi agar pesawat terbang buatan anak bangsa ini bisa mendapatkan sertifikasi layak terbang dari TNI Angkatan Udara dan pihak terkait lainnya," ucapnya.

Sebelumnya, Kapuspotdirga juga turut menyaksikan dan memberi support atau dukungan langsung kepada para Pramuka Saka Dirgantara dan atlet terbang layang binaan dari Binpotdirga Lanud Wiriadinata yang sedang melaksanakan latihan rutin di Area Base Ops Lanud Wiriadinata Tasikmalaya.*

 

Baca pula : Lanud Wiriadinata Gelar Seminar Solusi Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

 

 


Berita Terkait