Mungkinkah PPKM Mikro Akan diterapkan di Kota Tasikmalaya?

Rabu, 10 Februari 2021 13:27 Eris Kuswara Daerah

Mungkinkah PPKM Mikro Akan diterapkan di Kota Tasikmalaya?



Koropak.co.id - Beberapa waktu lalu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan surat Intruksi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro untuk daerah. Sementara itu, di Kota Tasikmalaya sendiri, penerapan kebijakan tersebut akan terlebih dahulu melihat data dan kondisi penyebaran Covid-19.

“Data itu sudah kita minta ke setiap kecamatan-kecamatan di Kota Tasikmalaya, termasuk pak Plt Walikota juga sudah meminta ke setiap puskemas. Data tersebut tentunya dibutuhkan untuk melihat bisa tidaknya kita memberlakukan PPKM Mikro yang dilihat dari tingkat penyebaran di tingkat Rukun Warga (RW)," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, H Ivan Dicksan sebagaimana dihimpun Koropak, Selasa (9/2/2021).

Ia menambahkan, untuk sementara ini, Pemerintah Kota Tasikmalaya belum mengumpulkan semua data penyebaran dari setiap RW. Namun jika sudah terkumpul semuanya, maka pihaknya akan melihat dan menggelar rapat bersama tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

 

Baca : Kapolres Tasikmalaya Ingatkan Prokes Harus Tetapi Dipatuhi

“Nantinya, dengan berbagai kriteria yang ada itulah yang jadi penentuanya. Sebab, sesuai intruksi Mendagri harus ada kriteria seperti zona hijau, kuning, oranye dan merah. Pada intinya, nanti bisa diputuskan setelah kita melihat terlebih dahulu peta penyebarannya,” ucapnya.

Menurutnya, sesuai dengan intruksi Mendagri, pelaksanaan PPKM Mikro dilakukan hingga ke tingkat Rukun Tetangga (RT) dengan pemetaannya di tingkat RW. Sehingga, nantinya akan ada kriteria-kriteria. Seperti salah satu contohnya di 1 RW itu ada 10 orang yang terpapar, maka disana akan menjadi zona merah RW.

“Akan tetapi, untuk di Kota Tasikmalaya ini tidak ada ya kalau yang sampai zona merah di tingkat RT. Semoga aja tidak ada. Rencananya PPKM mikro tersebut akan menjadi evaluasi Tim Satgas. Bahkan saat ini Dinas Kesehatan, Puskesmas hingga Kecamatan sedang mengumpulkan data untuk bahan evaluasi," ujarnya.

Ia menuturkan, apabila nanti memang diberlakukan PPKM Mikro, maka TNI dan Polri sudah siap melakukan penjagaan di tempat yang memang dilakukan PPKM Mikro. Bahkan, pihaknya juga akan mengoptimalkan kembali satgas Covid-19 di tingkat kelurahan.*

 

Baca pula : Tekan Penyebaran, Satgas Covid-19 Kota Tasik Sidak Pasar Cikurubuk

 


Berita Terkait