Relawan Republik Aer Tasikmalaya Bantu Bencana Banjir Indramayu

Rabu, 10 Februari 2021 20:17 Dede Hadiyana Daerah

Relawan Republik Aer Tasikmalaya Bantu Bencana Banjir Indramayu



Koropak.co.id - Dalam rangka membantu penanganan dan mengevakuasi warga yang terkena dampak bencana banjir di Kabupaten Indramayu, sejumlah relawan Republik Aer Tasikmalaya bergerak ke lokasi bencana, Selasa (9/2/2021).

Dijumpai Koropak di Markas PMI Kota Tasikmalaya, Presiden Republik Aer Tasikmalaya Harniwan Obech mengatakan, sebanyak 15 orang relawan diberangkatkan ke lokasi bencana,"Untuk sementara, menerjunkan dua unit perahu karet. Karena, berdasarkan informasi dan hasil koordinasi dengan Kepala Markas PMI mengingat jaringan PMI sendiri yang cukup luas," kata Obech.

Setelah proses pengecekkan, lanjut Obech, yang dibutuhkan dilokasi bencana adalah Dapur Umum yang dimana sebelumnya membutuhkan personel dan perahu karet untuk pengevakuasian warga.

 

Baca : Tasik Baseuh, Persiapan Peringati Hari Air Sedunia

"Tim kloter pertama dari Tasikmalaya ini bisa dikatakan sebagai assesment. Namun, kita tetap membawa 1 unit perahu karet milik Kamapala, Mahasiawa Pecinta Alam STAI Tasikmalaya dan 1 unit milik Polisi Pamong Praja (Pol-PP) Kota Tasikmalaya dengan jenis LCR berikut mesinya karena berdasarkan informasi arus banjir disana cukup deras" ucapnya.

Mengingat medan yang cukup luas, kata Obech, rencananya tim pertama akan berada dilokasi bencana selama 4 hari kedepan. Dan di hari selanjutnya, tim pertama akan bergantian dengan tim kedua dari Tasikmalaya.

"Kita harus mengatur tenaga yang ada mengingat lokasi bencana yang cukup tersebar dan banyak. Proses evakuasi mungkin sudah berjalan yang dilakukan dari beberapa Federasi Arung Jeram termasuk dari Pengurus Besar (PB) Arung Jeram yang turun ke Indramayu," ucapnya.*

 

Baca pula : Walikota Diharap Tercipta Atlet Arum Jeram Kota Tasikmalaya