Kini, PMI Kota Tasikmalaya Miliki Unit Donor Darah Sendiri

Kamis, 11 Februari 2021 15:59 Dede Hadiyana Daerah

Kini, PMI Kota Tasikmalaya Miliki Unit Donor Darah Sendiri

 

 

Koropak.co.id - Secara pribadi serta mewakili Pemerintah Kota Tasikmalaya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua PMI Kota Tasikmalaya beserta jajaran, termasuk para dermawan dalam terwujudnya Unit Donor Darah ini.

Demikian disampaikan Plt. Walikota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf dalam acara Sykuran dan Soft Opening Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tasikmalaya, Selasa (9/2/2021).

"Kami berharap dengan hadirnya Unit Donor Darah di Kota Tasikmalaya ini, dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam penyediaan darah di Kota Tasikmalaya yang saat ini menjadi permasalahan," kata Yusuf.

 

Baca : Stok Darah Menipis, Kodim 0612/Tasikmalaya Gelar Donor Darah

 

Hal senada disampaikan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tasikmalaya Drs. H. Nana Rosadi, Apt, M.Si.,. Pihaknya mengatakan, setelah penantian selama 20 tahun lamanya, pada akhirnya PMI Kota Tasikmalaya memiliki ruang Unit Donor Darah sendiri.

"Ini merupakan bentuk kepedulian dan dukungan dari Pemerintah Kota Tasikmalaya dan para agnia terhadap kemanusiaan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Tasikmalaya," tutur Nana.

Untuk memenuhi kebutuhan darah, kata Nana, PMI Kota Tasikmalaya akan turun ke kelurahan, minimal untuk mendapatkan 20 kantong darah dari setiap kelurahan setiap bulannya. Jika program itu berjalan, maka kebutuhan darah di Kota Tasikmalaya pun akan terpenuhi atau bisa sampai melimpah. Hal itu dikarenakan, dari 2.400 kantong kebutuhan darah di Kota Tasikmalaya, saat ini yang baru terpenuhi hanya sekitar 1.600 kantong setiap bulannya.

"Saat ini, kita sudah mempunyai alat yang memiliki tingkatan maksimal, karena tidak diharapkan darah yang terkontaminasi itu masuk ke tubuh manusia. Kaitannya adalah, para pengidap Thalasemia yang harus cuci darah, deman berdarah, ibu melahirkan, belum lagi yang terkena musibah seperti kecelakaan. Itu semua membutuhkan darah," ucapnya.*

 

Baca pula : Dampak Wabah Covid-19, Stok Darah di Tasikmalaya Kian Menipis

 


Berita Terkait