Masuk Zona Oranye, Kota Tasikmalaya Dinilai Tidak Harus Terapkan PPKM Mikro

Kamis, 11 Februari 2021 23:46 Dede Hadiyana Daerah

Masuk Zona Oranye, Kota Tasikmalaya Dinilai Tidak Harus Terapkan PPKM Mikro

 

Koropak.co.id - Berdasarkan hasil evaluasi Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya pada Selasa (9/2/2021) menyatakan bahwa Kota Tasikmalaya tidak masuk dalam kategori daerah yang harus melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tasikmalaya, Drs H Muhammad Yusuf mengatakan, saat ini Kota Tasikmalaya tidak masuk kategori ke dalam kategori daerah yang harus melaksanakan PPKM Mikro. Meskipun di Jawa Barat ada yang masuk dalam kategori tersebut, namun daerah itu masuk kategori zona merah. 

"Kita kan sudah masuk lagi ke zona oranye, jadi kita tidak harus melaksanakan PPKM Mikro. Tapi, disisi lain kita juga harus tetap antisipasi. Karena, memang antisipasi ini diperlukan sekali untuk tetap dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Yusuf sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (11/2/2021).

 

Baca : Mungkinkah PPKM Mikro Akan Diterapkan di Kota Tasikmalaya?

 

Ia menambahkan, jadi apabila misalnya nanti ada yang terpapar sebanyak 10 orang dalam 1 RT itu, maka harus disiapkan PPKM Mikro serta menyiapkan pula Satgas Kelurahan dan Kecamatan. Bahkan, nanti semua kebutuhannya sendiri akan disiapkan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan menggunakan dana Bantuan Tak Terduga (BTT).

"Namun, hingga saat ini anggaran BTT tersebut terus digunakan dan sudah mulai surut. Kemarin kita siapkan dana BTT itu kurang lebih Rp 6 miliar. Sementara itu, meskipun kita tidak masuk kategori, kita akan tetap melaksanakan PPKM Mikro itu sesuai dengan arahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," ucapnya.

Sehingga, kata Yusuf, selama PPKM Mikro itu berlangsung, maka penanganan Covid-19 juga akan dilakukan berdasarkan wilayah RT. Sementara untuk kegiatan ekonomi yang sebelumnya dibatasi hanya boleh beroperasi hingga pukul 20.00 WIB, kini dilonggarkan menjadi hingga pukul 21.00 WIB.*

 

Baca pula : Kapolres Tasikmalaya Ingatkan Prokes Harus Tetap Dipatuhi

 

 


Berita Terkait