Vaksinasi Massal Tahap Kedua Kembali Dilakukan di Kota Tasikmalaya

Selasa, 16 Februari 2021 13:02 Dede Hadiyana Daerah

Vaksinasi Massal Tahap Kedua Kembali Dilakukan di Kota Tasikmalaya



Koropak.co.id - Vaksinasi Covid-19 massal tahap kedua di Kota Tasikmalaya secara resmi diberikan kepada Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tasikmaya di Puskesmas Kersanagara, Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Senin (15/2/2021).

Tercatat, 10 orang penerima vaksin tahap pertama kembali divaksinasi vaksin Covid-19 Sinovac mulai dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Kapolres Tasikmalaya Kota, Danlanud Wiriadinata, Dandim 0612/Tasikmalaya, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tasikmalaya, Perwakilan Kejari Kota Tasikmalaya, Tokoh Masyarakat, Ketua Forum Pesantren dan Perwakilan Milenial Kota Tasikmalaya.

Sekda Kota Tasikmalaya, Drs H Ivan Dicksan mengaku kondisi kesehatannya masih normal seperti saat pertama kali divaksin pada Jumat (29/1/2021) lalu. Bahkan dia juga mengaku tidak mengalami efek samping apapun, sehingga vaksinasi tersebut dipastikan berjalan dengan baik dan lancar.

"Untuk kedua kalinya vaksinasi massal ini diikuti oleh semua pihak yang telah divaksinasi pada tahap pertama," kata Ivan.

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tasikmalaya, Drs H Muhammad Yusuf mengatakan, penyuntikan vaksinasi tersebut sangatlah penting untuk dilakukan karena bisa menjadi langkah utama dalam melakukan langkah antisipasi serta pengendalian Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

 

Baca : Tenaga Kesehatan Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi di Kota Tasikmalaya

“Sejak tahun 2020 lalu atau selama 11 bulan lamanya hingga hari ini, kita sudah mengalami pandemi dikarenakan Covid-19. Sehingga, kita pun harus melakukan langkah pencegahan dan pengendalian. Selain itu, pandemi ini juga menjadikan layanan kesehatan di puskesmas dan posyandu terkendala dikarenakan adanya larangan berkerumun. Termasuk juga turut memberikan dampak terhadap pelemahan ekonomi, sosial, wisata dan pendidikan," kata Yusuf.

Ia menambahkan, oleh karena itu, diperlukannya dengan segera dilakukannya penekanan yang efektif untuk memutus mata rantai Covid-19. Selain harus terus menerapkan dan mengaplikasikan protokol kesehatan, vaksinasi ini juga untuk melindungi masyarakat dari Covid-19. Sebab yang menjadi kuncinya saat ini adalah pencegahan dengan program vaksinasi.

"Vaksinasi massal ini akan dilakukan serentak di 22 puskesmas se-Kota Tasikmalaya, klinik, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya dengan total sekitar 31 titik lokasi. Vaksin sinovac ini akan dilakukan sebanyak 2 kali vaksinasi dengan jeda 14 hari. Dengan penerima vaksinasi ini adalah yang mendapatkan e-tiket dan mereka hanya tinggal melakukan register ke lokasi fasilitas kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Uus Supangat mengharapkan dengan adanya vaksinasi ini, penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan dengan baik. Tercatat, jumlah total vaksin yang diterima Kota Tasikmalaya sebanyak 7.400 dosis vaksin. Vaksin tersebut akan diberikan untuk 3.469 tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan e-tiket dan tersebar di seluruh fasilitas kesehatan Kota Tasikmalaya.

“Sebanyak 7.400 dosis vaksin itu untuk 2 kali vaksinasi. Jadi setelah 14 hari divaksin, nantinya penerima vaksin akan divaksin lagi. Selain itu, sebanyak 1.500 nakes lainnya saat ini belum mendapatkan e-tiket,” tutur Uus.*

 

Baca pula : Hari Ini, Pemberian Vaksinasi Perdana Covid-19 Dilakukan di Kabupaten Tasikmalaya

 


Berita Terkait