Wapres RI, H Ma'ruf Amin Divaksin Covid-19 di Kediamannya

Kamis, 18 Februari 2021 09:38 Eris Kuswara Nasional

Wapres RI, H Ma'ruf Amin Divaksin Covid-19 di Kediamannya



Koropak.co.id - Wakil Presiden RI, H Ma'ruf Amin mengajak para kalangan masyarakat lanjut usia untuk menjalani vaksinasi Covid-19. Bahkan Ma'ruf Amin yang baru saja divaksinasi tersebut mengaku tidak merasakan apapun dan juga berharap tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.

"Saya ajak semua yang sebangsa dengan saya, yang serumpun dengan saya, yang usianya udah cukup lanjut, saya di atas 70 tahun ini untuk divaksin. Karena, vaksin ini juga insyaallah tidak menimbulkan efek apa-apa," kata Ma'ruf setelah menjalani vaksinasi Covid-19 di kediamannya di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (18/2/2021).

Diketahui, saat melakukan vaksinasi, Ma'ruf Amin sendiri didampingi Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono hingga Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Doni Monardo.

"Vaksinasi ini hukumnya wajib agar nanti bisa terciptanya kekebalan komunitas atau herd immunity. Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 ini. Kalau menurut pandangan agama kita ini fardu kifayah. Namun wajib untuk melakukan vaksin ini dikarenakan dalam rangka menjaga dari pada penyakit itu hukumnya wajib sampai nanti tercapainya herd immunity," ucapnya.

 

Baca : Meski Sudah Ada Vaksin, Jokowi Berpesan Untuk Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Ia menambahkan, namun jika herd immunity itu belum tercapai, maka belum hilang juga kewajibannya. Sebab bagi mereka yang tidak bermasalah untuk divaksin, jika tidak melaksanakannya akan berdosa. Kecuali bagi mereka yang memang tidak boleh divaksin.

"Saya mengajak semuanya supaya kita kebal menghadapi Covid-19, insyaallah bangsa kita akan aman terlepas dari bahaya Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi dilakukan untuk melindungi individu dan kelompok. Selain itu, vaksinasi Covid-19 ini juga memiliki fungsi sosial yang besar. Karena,
vaksinasi ini dinilai bisa melindungi seluruh rakyat Indonesia dan umat manusia di dunia.

"Karena kita juga mengejar Sebanyak 70 persen masyarakat di Indonesia itu divaksin. Karena fungsi sosialnya juga jauh lebih besar dari perlindungan individualnya. Dalam kesempatan itu bapak Wakil Presiden telah memberikan contoh yang sangat baik dari para lansia Indonesia. Semoga ini bisa diikuti oleh para senior-senior kita di seluruh Indonesia," tutur Budi.*

 

Baca pula : Hari Ini, Presiden Jokowi Disuntik Vaksin, Begini Prosesnya

 


Berita Terkait