Bantuan Sosial Tunai di Kawali Disalurkan ke 11 Desa

Jum'at, 19 Februari 2021 18:22 Rizal Amirullah Daerah

Bantuan Sosial Tunai di Kawali Disalurkan ke 11 Desa


Koropak.co.id - Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan bantuan pemerintah berupa uang tunai yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan/atau rentan yang terkena dampak wabah Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Diketahui, Pemberian bantuan BST ini tidak termasuk bagi penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan Kartu Pra Kerja.

Kepala Kantor Pos cabang Kawali Kabupaten Ciamis, Agus mengatakan, pelaksanaan BST di kantor Pos cabang Kawali, Ciamis dilakukan selama 2 hari berturut-turut yakni mulai Kamis (18/2/2021) hingga hari ini Jumat (19/2/2021). Sementara itu, untuk jumlah penerima BST di Kecamatan Kawali sendiri sebanyak 503 orang dari 11 desa.

"Para penerima BST tersebut berasal dari 11 Desa di Kecamatan Kawali mulai dari Desa Kawali, Karang Pawitan, Linggapura, Citereup, Kawali Mukti, Winduraja, Talagasari, Sindangsari, Margamulya, Selasari dan Purwasari," kata Agus, Jumat (19/2/2021).

 

Baca : Mulai 4 Januari 2021, Mensos Akan Salurkan Bansos, Begini Rinciannya

Ia menambahkan, untuk pembagian BST sendiri sudah dijadwalkan setiap desanya, sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Hal itu dilakukan sebagai implementasi dari Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19. Sementara itu, menanggapi tentang Pemberlakukan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro mulai 9 hingga 22 Februari 2021 mendatang, pelaksanaan pembagian BST akan tetap dilaksanakan dengan menerapkan Prokes Covid-19 yang ketat.

"Meskipun PPKM Mikro, tapi pembagian BST tetap dilakukan dengan menerapkan prokes ketat seperti menyediakan air cuci tangan dan sabun. Bahkan kami juga menyediakan masker gratis. Untuk penerimaan BST juga bisa diwakilkan apabila yang bersangkutan berhalangan dengan syarat membuat surat kuasa yang diketahui pihak desa," ucapnya.

Dikatakan, jika penerima BST ada yang tidak sempat untuk mengambil, maka pihak Kantor Pos akan menginvestigasi melalui Desa dan Lurah, sebelum dana kelebihannya di kembalikan ke Kantor Pos besar Ciamis.*

 

Baca pula : Bansos Salah Sasaran Menjadi Tanggung Jawab Pemda Perbaiki Akurasi Data

 


Berita Terkait