GeNose C-19, Karya Anak Bangsa Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional

Jum'at, 19 Februari 2021 21:27 Eris Kuswara Nasional

GeNose C-19, Karya Anak Bangsa Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional


 
Koropak.co.id - Menteri Riset dan Teknologi atau Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro mengapresiasi penggunaan GeNose C19 untuk sektor kepariwisataan Indonesia. Bahkan pihaknya menilai hadirnya GeNose C19 adalah sebagai upaya kecil untuk sesuatu yang besar.
 
“Sektor pariwisata menggunakan GeNose C19 ini untuk hidupkan industry pariwisata dan pulihkan ekonomi negeri. Karena, GeNose C19 ini juga bisa melakukan skrining Covid-19 secara massif dengan cepat, nyaman dan didukung harga yang terjangkau,” kata Bambang saat melaunching penggunaan GeNose C19 yang diselenggarakan oleh Indonesia Tourism Forum di Hotel Raffles Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Ia menilai GeNose C19 sangat powerfull untuk mobilitas manusia di dunia pariwisata. Hal itu dikarenakan kecepatan proses deteksi Covid-19 dengan tingkat akurasinya yang tinggi yakni 95 hingga 97 persen. Selain itu, satu unit GeNose C19 juga diketahui mampu melakukan 100 ribu kali tes untuk skrining Covid-19. Menurutnya, alat yang memanfaatkan kecerdasan artifisial tersebut dinilai mampu mendeteksi seseorang yang baru dua hari terpapar Covid-19.

"Saat ini tes PCR atau rapid antigen juga belum mampu mendeteksi pada periode yang sama. Sementara itu, hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit untuk mengetahui hasil dari skrining Covid-19 menggunakan GeNose. Yang tidak kalah pentingnya lagi adalah harga tesnya. Sedangkan untuk harga total dari mesinnya itu sekitar Rp 60 juta , tetapi bisa dipakai untuk 100.000 kali tes," ucapnya.

 

Baca : Pembangunan Jalan dan Sanitasi Sebagai Bhakti SMSI untuk Negeri

Diketahui, GeNose C19 sendiri merupakan singkatan dari Gadjah Mada Electronic Nose. Alat yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan didukung penuh oleh Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 yang berada dibawah koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi atau BRIN ini mampu mendeteksi Covid-19 melalui hembusan napas.
 
Sementara itu, Chairman of Indonesia Tourism Forum, Sapta Nirwandar mengatakan, di tahapan awal, GeNose C19 akan digunakan di seluruh jaringan hotel ACCOR Group, Hotel Sahid Group dan Hotel Santika Group,"Kecepatan dan kenyamanan penggunaan GeNose C19 inilah yang membuat insan pariwisata Indonesia akan menggunakannya di seluruh destinasi wisata baik hotel, restoran, event pameran, spa, cafe dan lainnya," tutur Sapta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno juga turut memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh insan pariwisata Indonesia atas dukungannya terhadap GeNose C19,"Saya ucapkan selamat dan sukses atas launching GeNose C19 untuk pariwisata Indonesia, semoga dapat mempercepat kebangkitan industri pariwisata,” ucap Sandiaga Uno.
 
Hal senada turut dituturkan Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. Pihaknya juga merasa bangga atas kehadiran GeNose C19,"Saya tentunya merasa bangga atas inovasi dari negeri sendiri, dari oleh dan untuk Indonesia,” kata Jerry Sambuaga.*

 

Baca pula : Program Bakti Sosial SMSI Tuai Pujian Menteri Sosial RI

 


Berita Terkait