Sektor Kepariwisataan Indonesia Siap Gunakan GeNose C-19

Jum'at, 19 Februari 2021 21:42 Eris Kuswara Nasional

Sektor Kepariwisataan Indonesia Siap Gunakan GeNose C-19

 
Koropak.co.id - Stakeholder Kepariwisataan Indonesia mengaku siap dalam mempromosikan dan menggunakan GeNose C19 demi menyongsong kebangkitan pariwisata Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Bukan hanya itu saja, GeNose C19 karya anak negeri ini juga terbukti efektif dalam mendeteksi Covid-19 dengan cara mudah dan biaya yang murah.

Demikian disampaikan Chairman of Indonesia Tourism Forum, Sapta Nirwandar dalam acara Hybrid Launching GeNose C19 Inovasi Indonesia untuk Kepariwisataan Indonesia, yang diselenggarakan oleh Indonesia Tourism Forum, di Hotel Raffles Jakarta, Jumat (19/2/2021).

"GeNose C19 bekerja dengan mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama nafas melalui hembusan nafas ke dalam kantong khusus. Selanjutnya, alat itu akan melakukan identifikasi melalui sensor-sensor yang datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence)," kata Sapta.

Ia menambahkan, industri pariwisata tertarik menggunakan GeNose C19 ini dikarenakan alat pendeteksi Covid-19 tersebut memiliki tingkat akurasi tinggi hingga di atas 95 persen. Selain itu, penggunaannya pun hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit untuk mengetahui hasilnya skrining Covid-19 menggunakan alat tersebut.

 

Baca : Menteri Sosial Tri Rismaharini Puji SMSI Bangun Peradaban

 
“Kenyamanan penggunaan GeNose C19 inilah yang membuat kami tertarik akan menggunakannya di seluruh destinasi wisata, baik itu di hotel, restoran, event pameran, spa, cafe dan tempat-tempat hiburan lain seperti bioskop, tempat rekreasi dan lainnya,” ucapnya.
  
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro juga turut memberikan apresiasi atas launching GeNose C19 untuk kepariwisataan Indonesia,"Sektor pariwisata menggunakan alat ini untuk hidupkan industri pariwisata dikarenakan GeNose C19 bisa melakukan skrining Covid-19 secara massif dengan cepat, nyaman dan harga terjangkau,” tutur Bambang.
 
Hal senada turut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh insan pariwisata Indonesia atas dukungannya terhadap GeNose C19,“Saya mengucapkan selamat dan sukses atas launching GeNose C19 untuk pariwisata Indonesia, semoga dapat mempercepat kebangkitan industry pariwisata,” ucap Sandiaga Uno.

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengaku bangga atas kehadiran GeNose C19,"Saya meras bangga atas diluncurkannya GeNose C19 yang merupakan inovasi negeri sendiri, dari oleh dan untuk Indonesia,” kata Jerry.*

 

Baca pula : GeNose C-19, Karya Anak Bangsa Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional

 


Berita Terkait