Curah Hujan Tinggi, Bencana Banjir Kepung Wilayah Ibukota Jakarta

Sabtu, 20 Februari 2021 14:25 Eris Kuswara Nasional

Curah Hujan Tinggi, Bencana Banjir Kepung Wilayah Ibukota Jakarta


Koropak.co.id - Akibat curah hujan tinggi yang terjadi pada Sabtu (20/1/2021) dini hari, membuat sebagian wilayah di Ibukota Jakarta terendam banjir. Tercatat, setidaknya ada 85 Rukun Warga (RW) yang terdiri dari 193 Rukun Tetangga (RT) di Jakarta pagi ini terendam banjir.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, hingga saat ini, terdapat 1.380 warga yang berasal dari 379 Kepala Keluarga (KK) meninggalkan rumah dan memilih untuk mengungsi akibat bencana banjir.

"Menurut data dari BPBD, sebanyak 85 RW yang terdampak banjir ini tersebar di beberapa wilayah meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Sementara itu, untuk rinciannya sendiri di Jakarta Selatan banjir setinggi 40 hingga 150 sentimeter merendam 29 RW yang terdiri dari 44 RT," kata Sabdo sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (20/2/2021).

 

Baca : Bencana Banjir Jakarta Buat Sebagian Akses Jalan Ditutup

Ia menambahkan, kemudian di wilayah Jakarta Timur, tercatat sebanyak 50 RW dari 143 RT terdampak banjir dengan ketinggian airnya yang mencapai 40 hingga 180 sentimeter. Sementara di Jakarta Barat, untuk wilayah yang terendam banjir sebanyak 4 RW dan terdiri dari 6 RT.

"Hingga saat ini, belum ditemukannya korban jiwa akibat bencana banjir tersebut. Namun kami juga memastikan semua jajaran terkait sedang melakukan penanganan banjir. Untuk kondisi genangan air sendiri saat ini sedang ditangani oleh Dinas Sumber Daya Air, Pemadam Kebakaran (Damkar) dan PPSU Kelurahan," ucapnya.

Selain itu, pihaknya pun menargetkan bahwa genangan air banjir tersebut akan surut dalam waktu yang cepat. Saat ini, pihaknya juga masih mengerahkan personel untuk memantau situasi di lokasi-lokasi yang rawan terdampak genangan air banjir.*

 

Baca pula : Bencana Banjir Akibat Luapan Sungai Wulan Kudus Semakin Meluas

 


Berita Terkait