Akhirnya, Plt Walikota Tasikmalaya Disuntik Vaksin Covid-19

Sabtu, 20 Februari 2021 15:43 Dede Hadiyana Daerah

Akhirnya, Plt Walikota Tasikmalaya Disuntik Vaksin Covid-19

 

Koropak.co.id - Setelah tidak lolos vaksinasi Covid-19 tahap pertama dikarenakan usianya yang lebih dari 60 tahun, kini Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Muhammad Yusuf pada akhirnya mendapatkan jatah penyuntikan Vaksin Sinovac Covid-19 pada tahap kedua untuk kelompok usia diatas 60 tahun di RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, Sabtu (20/2/2021).

Usai mendapat suntikan vaksin, dirinya mengaku tidak merasakan efek apapun setelah 30 menit divaksinasi. Pihaknya pun berharap, vaksinasi tersebut dapat diikuti oleh masyarakat Kota Tasikmalaya khususnya bagi mereka yang sudah lanjut usia.

"Vaksinasi ini merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya. Untuk itu, saya mengimbau kepada masyarakat umum, termasuk yang lanjut usia untuk tidak takut vaksinasi. Karena vaksin ini sudah teruji, aman dan halal," ujarnya.

 

Baca : Vaksinasi Massal Tahap Kedua Kembali Dilakukan di Kota Tasikmalaya

 

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tasikmalaya dr. Polar Silumi, Sp.OG., menuturkan bahwa vaksinasi di Kota Tasikmalaya untuk Kasus Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) hampir tidak ada. Kalaupun ada sangatlah ringan seperti sakit bekas suntikan.

"Dalam kasus vaksinasi yang tertunda ini, terbagi menjadi beberapa kategori yang diantaranya, usia 60 tahun ke atas, kelompok kormobid, kelompok penyitas Covid-19, dan dan ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan amnesa tambahan," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin Sinovac khususnya untuk masyarakat yang berusia diatas 60 tahun.*

 

Baca pula : Tenaga Kesehatan Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi di Kota Tasikmalaya

 

 


Berita Terkait