Pemerintah Akan Kembali Buka Pendaftaran Prakerja Gelombang 12

Rabu, 24 Februari 2021 19:47 Eris Kuswara Nasional

Pemerintah Akan Kembali Buka Pendaftaran Prakerja Gelombang 12

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, Pemerintah Indonesia akan kembali membuka seleksi program kartu prakerja gelombang 12. Bahkan terhitung sejak Minggu (20/2/2021) lalu, para pendaftar sudah bisa mengakses layanan untuk membuat akun kartu prakerja secara online di website resmi prakerja yakni di www.prakerja.go.id.

Bagi kalian yang berminat, namun pastikanlah sebelum membuat akun untuk mendaftar, kalian juga telah memenuhi tiga kriteria utamanya. Yakni Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Sementara itu, untuk lebih lengkapnya mengenai prosedur pendaftaran kartu prakerja bisa dilakukan melalui tiga langkah sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (24/2/2021).

1. Membuat akun
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu hanya akan diminta untuk membuat akun sebelum mengisi data diri secara lengkap di langkah berikutnya. Pertama-tama kamu buka website prakerja di www.prakerja.go.id, kemudian pilih "Buat Akun".

Setelah itu, masukkan alamat email dan kata sandi baru yang akan dipakai. Selanjutnya, periksalah email untuk memverifikasi akun dan setelah memverifikasi email, kembali ke halaman sebelumnya untuk masuk dengan akun yang telah kalian buat.

 

Baca : Hoax! Waspada Beredar di WhatsApp Pendaftaran Kartu PraKerja

2. Mengisi data diri
Langkah kedua kalian akan diminta untuk mengisi beberapa data secara lengkap, mulai dari verifikasi Kartu Tanda Penduduk (KTP), data diri dan nomor handphone. Untuk langkah detailnua yang harus dilakukan yaitu kembali ke halaman sebelumnya dan klik "Login" untuk masuk ke akunmu.

Kemudian masukkanlah nomor KTP, nomor Kartu Keluarga dan Tanggal lahir. Jika sudah, klik "berikutnya". Setelah itu, lengkapi data dirimu, meliputi nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, jenjang pendidikan terakhir dan status pekerjaan.

Pastikanlah bagi kamu untuk menunggah foto KTP dan foto selfie diri dengan KTP, lalu klik "berikutnya". Selanjutnya, masukkan nomor HP dan kamu pun nantinya akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang sudah dikirim melalui SMS.

3. Mengikuti tes
Setelah melengkapi data diri, maka langkah berikutnya adalah mengikuti tes motivasi dan tes kemampuan dasar. Tes ini sendiri diketahui bertujuan untuk mengetahui kompetensi dan potensi diri dari pendaftar. Sementara itu, langkah dan ketentuan yang harus diperhatikan, pertama adalah dengan klik "Mulai Sekarang" di halaman utama.

Diketahui, tes online ini akan berlangsung selama 15 menit. Siapkanlah alat tulis untuk membantu selama ujian. Jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaan, tunggu email konfirmasi dari kartu prakerja. Kemudian setelah itu kembali ke halaman sebelumnya dan pilih "Gabung" untuk mendaftar program kartu prakerja.*

 

Baca pula : Penerima Kartu Prakerja Dapat Insentif Rp 2,4 Juta