Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Insan Pers

Kamis, 25 Februari 2021 18:21 Eris Kuswara Nasional

Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Insan Pers


Koropak.co.id - Presiden RI, Ir H Joko Widodo atau Jokowi meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi 5.512 insan pers yang dilaksanakan di Hall A Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (25/2/2021). Dari jumlah total penerima vaksin tersebut, sebanyak 512 orang diantaranya merupakan peserta yang mendaftar pada saat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021.

Tercatat, 10 konstituen Dewan Pers mengikuti vaksinasi Covid-19 meliputi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Serikat Penerbit Pers (SPS), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Pewarta Foto Indonesia (PFI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

Dalam kesempatan itu, Jokowi pun menyampaikan alasan mengapa insan pers mendapatkan prioritas dalam vaksinasi Covid-19 dan diharapkan vaksinasi tersebut bisa melindungi awak media di lapangan. Hal itu dikarenakan awak media tersebut sering berinteraksi dengan publik dan narasumber.

 

Baca : Wapres RI, H Ma’ruf Amin Divaksin Covid-19 di Kediamannya

"Kami berharap proses vaksinasi massal bagi insan pers yang berlangsung hingga Sabtu (27/2/2021) ini bisa dilakukan di berbagai provinsi lainnya. Sehingga seluruh awak media pun bisa segera mendapat vaksin. Karena saya melihat bahwa insan pers sebagai salah satu yang melakukan pelayanan publik. Oleh karena itu, mereka pun dimasukkan dalam program vaksinasi tahap kedua yang digulirkan pemerintah,” kata Jokowi sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (25/2/2021).

Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh menuturkan, vaksinasi Covid-19 bagi insan pers merupakan bagian dari tugas Dewan Pers untuk melindungi pers dari tekanan dan ancaman dari luar ketika mereka menjalankan tugas jurnalistik selain ancaman dari penyakit, dari dalam tumbuh,“Oleh karena itu, wartawan dan insan pers pun harus diberi perlindungan dengan vaksin agar mereka sehat dan bisa menyajikan berita berkualitas,” tutur Mohammad Nuh.

Sementara itu, Penanggung Jawab HPN 2021 sekaligus Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S. Depari mengapresiasi setinggi-tingginya pemerintah yang memberikan perhatian kepada insan pers dalam pemberian vaksin Covid-19,"Kami merasa senang, pemerintah telah memberikan apresiasi kepada insan pers yang melakukan tugas jurnalistik di tengah pandemi Covid-19. Karena, risiko tertular Covid-19 bagi wartawan itu juga tinggi. Sehingga di puncak acara HPN 2021 yang dilaksanakan pada 9 Februari 2021 di Istana Negara meminta Pak Presiden menambah 5.000 insan pers untuk divaksin,” tutur Atal.*

 

Baca pula : Meski Sudah Ada Vaksin, Jokowi Berpesan Untuk Tetap Jaga Protokol Kesehatan