Vaksinasi Covid-19 Sebagai Bentuk Apresiasi Pemerintah Bagi Awak Media

Jum'at, 26 Februari 2021 19:00 Eris Kuswara Nasional

Vaksinasi Covid-19 Sebagai Bentuk Apresiasi Pemerintah Bagi Awak Media

 

Koropak.co.id - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para awak media yang digelar selama tiga hari mulai Kamis (25/02/2021) hingga Sabtu (27/2/2021) di Hall Basket Senayan Jakarta turut didukung pemerintah daerah dan ekosistem media serta startup digital. Mulai dari  Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Literasi Digital Siberkreasi, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Telkom, Telkomsel, Halodoc, GoJek dan Grab.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah GoJek, Shinto Nugroho mengatakan, GoJek turut mendukung kelancaran dan keamanan mobilisasi peserta dari kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo dengan memberikan lebih dari 5.000 voucher perjalanan GoRide dan GoCar serta 3.500 voucher GoFood yang dapat dimanfaatkan oleh rekan-rekan media dan seluruh peserta.

"Ini sebagai bentuk apresiasi atas peran dan kontribusi rekan-rekan media selama ini, khususnya di masa pandemi Covid-19. Selain itu, GoJek juga mendukung penuh program vaksinasi Covid-19 yang tengah digencarkan pemerintah. Tentunya kami juga menyambut baik vaksinasi bagi insan pers yang selama ini menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi aktual bagi masyarakat," kata Shinto.

CEO dan Cofounder Halodoc, Jonathan Sudharta mengaku bangga bisa menjadi bagian dari pelaksanaan vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo RI untuk rekan-rekan media,"Pada saat kita berada dalam situasi yang penuh ketidakpastian ini, tentunya media berperan penting dalam memberikan informasi yang benar dan faktual bagi masyarakat. Terlebih lagi di tengah maraknya penyebaran berita hoaks seputar Covid-19," tutur Jonathan.

 

Baca : Kolaborasi Bersama Sukseskan Vaksinasi Covid-19 bagi Awak Media

 

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menyatakan dukungannya atas pelaksanaan vaksinasi kepada awak media yang digelar di DKI Jakarta,"Kami sepenuhnya mendukung rekan-rekan media yang telah menjadi gugus terdepan untuk memberikan informasi akurat dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia," ujar Ridzki.

Sementara itu, Jurnalis Berita Satu TV, Wahid Ahmad mengapresiasi pemerintah yang memperhatikan para pekerja di area publik, di tempat-tempat dengan resiko tinggi serta memfasilitasi vaksinasi,"Kita sudah banyak dapat info soal Covid-19 ini, semuanya aman dan nggak ada masalah. Proses vaksinasi juga hanya disuntik, dan kita sudah biasa.  Pemerintah, lembaga keagamaan, MUI dan lainnya sudah menyatakan bahwa vaksin ini aman dan halal. Jadi, menurut saya tidak akan ada masalah dari vaksinnya. Oleh karena itu, saya mengajak semuanya untuk turut serta berpartisipasi agar pandemi ini cepat selesai dan aktivitas dapat kembali berjalan normal seperti biasanya," ucap Wahid.

Hal senada turut dituturkan Jurnalis viva.co.id, Rohimawati. Dia mengingatkan agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap berita hoaks yang berkaitan dengan vaksin Covid-19,"Saya nggak takut dan saya juga udah niat banget pengen divaksin. Ternyata ada juga program dari pemerintah dan Dewan Pers.  Oleh karena itu, saya berharap masyarakat jangan percaya hoaks, karena vaksin itu aman kok. Bahkan saya juga tadi ngga ngerasa apa-apa saat disuntik," tutur Rohimawati.

Penjab Bidang Bhakti Sosial Hari Pers Nasional (HPN) sekaligus wartawan senior Kompas, M. Nasir mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan insan pers secara seksama,"Pelaksanaan vaksinasi massal ini sangat luar biasa, berkat adanya koordinasi yang ketat dibawah Kementerian Komunikasi dan Informatika, rekan-rekan media pun merasa mendapatkan perhatian," kata M. Nasir yang juga menjabat sebagai Sekjen SMSI itu.*

 

Baca pula : Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 Insan Pers