Propam Polri Terapkan Pelarangan Anggota Polisi Pergi ke Tempat Hiburan

Jum'at, 26 Februari 2021 20:34 Eris Kuswara Nasional

Propam Polri Terapkan Pelarangan Anggota Polisi Pergi ke Tempat Hiburan

 

 

Koropak.co.id – Buntut dari kasus penembakan maut yang dilakukan oleh anggota Polsek Kalideres Jakarta Barat, Bripka CS yang menewaskan 3 orang di sebuah kafe di Cengkareng dalam kondisi mabuk, Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri pun mulai menerapkan pelarangan setiap anggota polisi untuk pergi ke tempat hiburan dan mengonsumsi minuman keras (miras).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono memastikan akan menindak dengan tegas anggota kepolisian yang memasuki tempat hiburan dan melakukan beberapa kegiatan di tempat tersebut.

”Ada mekanisme pengawasan internal Polri yaitu melalui inspektorat dan propam. Sehingga, jika ada perilaku anggota polisi yang melanggar ketentuan, maka propam pun akan melakukan tindakan," kata Rusdi sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (26/2/2021).

 

Baca : Bripka CS, Penembak Anggota TNI dan Warga Jadi Tersangka

 

Selain itu, pihaknya juga turut meminta bantuan masyarakat untuk bisa melapor apabila melihat polisi yang masuk ke tempat hiburan. Sehingga, dari hasil laporan itulah pihaknya akan memeriksa langsung ke lapangan.

"Mekanismenya itu bisa melalui adanya laporan dari masyarakat yang kemudian akan ditindaklanjuti. Setelah itu, mekanisme berikutnya, anggota propam pun akan turun ke lapangan untuk memantau perilaku anggota di lapangan," tuturnya.

Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menuturkan, selain pelarangan, Propam Polri juga akan menertibkan polisi yang minum minuman keras serta menyalahgunakan narkoba. Pihaknya juga akan mengecek track record dari setiap anggota Polri, termasuk prosedur pemegang senjata api di setiap wilayah,” Pengecekan tersebut termasuk tes psikologis, latihan menembak, hingga catatan perilaku setiap anggota,” tutur Sambo.*

 

Baca pula : Polri Pastikan Virtual Police Tak Akan Batasi Masyarakat dalam Bersuara