Masuk Indonesia, Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Karawang

Rabu, 03 Maret 2021 13:08 Eris Kuswara Nasional

Masuk Indonesia, Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Karawang


Koropak.co.id - Beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melaporkan bahwa varian baru virus Corona atau Covid-19 dari Inggris yakni B117, ditemukan di Kabupaten Karawang Jawa Barat. Bahkan saat ini, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Jawa Barat pun tengah melakukan pelacakan lebih lanjut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang bermutasi tersebut.

"Varian baru Covid-19 diberitakan sudah ada di Indonesia dan masuk di Karawang. Meskipun begitu, kami langsung bergerak dan sudah melakukan pelacakan serta jika diperbolehkan kami juga meminta tim Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk meneliti UK B117 ini," kata Ridwan Kamil atau Kang Emil di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Kota Bandung, sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (3/3/2021).

Ia menambahkan, koordinasi dengan Unpad itu dilakukan pemerintah agar nantinya diketahui pakah perlakuan protokol kesehatan Covid-19 masih berlaku sama atau tidak terhadap varian baru Covid-19 itu. Hal itu dikarenakan, sejumlah pihak juga menilai bahwa mutasi virus ini lebih ganas dibandingkan dengan yang sebelumnya.

 

Baca : Kolaborasi Bersama Sukseskan Vaksinasi Covid-19 Bagi Awak Media

"Apakah nanti sama perlakuan 3M dan 3T ini? Sehingga kami memohon agar ada penelitian. Dengan demikian, kami selaku pengambil keputusan nantinya bisa secara tepat merespon dengan cara yang terukur. Meskipun begitu, kami juga mengimbau agar warga tetap tenang dan tidak panik. Karena, langkah antisipasi telah dilalukan sejak awal, sebab satgas juga telah memprediksi bahwa virus ini akan bermutasi. Intinya, ikhtiar kita sesuaikan dan tingkatkan," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, bertepatan dengan peringatan 1 tahun Covid-19 di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melaporkan 2 temuan kasus mutasi virus Corona B117 asal Inggris di Indonesia. Temuan itu pun menjadi kasus pertama di Indonesia sejak varian tersebut mewabah di Inggris pada September 2020 lalu.

"Tepat 1 tahun, hari ini kita menemukan mutasi B117, UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven dan baru tadi malam ditemukan 2 kasusnya," tutur Dante dalam acara virtual peringatan 1 tahun pandemi yang disiarkan Channel YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).*

 

Baca pula : Genose C-19, Karya Anak Bangsa Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional