Dewan Dukung Senam Silat Masuk Kurikulum Pendidikan

Rabu, 03 Maret 2021 18:10 Dede Hadiyana Daerah

Dewan Dukung Senam Silat Masuk Kurikulum Pendidikan

 

Koropak.co.id - Senam silat merupakan hasil karya dari Perkumpulan Pendekar Silat Indonesia dimana pihaknya menginginkan program tersebut masuk kedalam kurikulum pendidikan, khususnya di Kota Tasikmalaya.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya Dede Muharam saat ditemui Koropak selepas audiensi bersama Perkumpulan Pendekar Silat Indonesia di Ruang Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Tasikmalaya, Rabu (3/3/2021).

"Tentunya keinginan mereka ini dilandasi dengan beberapa alasan diantaranya bahwa senam yang biasa dilakukan di sekolah saat ini sudah tidak ada. Selain itu, program ini juga memiliki muatan positif yakni menumbuh kembangkan seni dan budaya lokal. Paling tidak, dapat dipertahankan" ujarnya.

 

Baca : Para Pendekar Silat Indonesia Datangi DPRD Kota Tasikmalaya

 

Menurutnya, seni dan budaya pencak silat tersebut merupakan sesuatu hal harus lebih diperkuat lagi oleh semua pihak. Pasalnya, dalam senam silat ini dapat membentuk karakter, jiwa, dan rasa, disamping kekuatan fisik.

"Kegiatan ini juga dapat mempersatukan paguron-paguron pencak silat yang ada di Kota Tasikmalaya khususnya," kata Politisi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berdasarkan informasi dari Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya, tempat atau wadah untuk program tersebut sudah ada, sehingga dapat memungkinkan untuk masuk kedalam kurikulum pendidikan sekolah.

"Menyikapi hal ini, tentunya kami sangat mengapresiasi dan mendukung atas apa yang diciptakan oleh para pelaku seni budaya pencak silat ini karena banyak nilai positif yang dapat diambil seperti pembentukan karakter jiwa, melestarikan seni dan budaya, termasuk memperbaiki perekonomian para pelaku seni itu sendiri," ucapnya.*

 

Baca pula : Pencak Silat Kadisdik Cup 2019, Jaring Bibit Atlet Baru

 

 


Berita Terkait