Pemerintah Resmi Tidak Melarang Masyarakatnya Mudik Lebaran 2021

Kamis, 18 Maret 2021 14:47 Eris Kuswara Nasional

Pemerintah Resmi Tidak Melarang Masyarakatnya Mudik Lebaran 2021


Koropak.co.id - Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi memastikan bahwa pemerintah tidak melarang masyarakat untuk mudik Lebaran di tahun 2021. Selain itu, Kementerian Perhubungan juga akan melakukan koordinasi dan bersinergi bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 dengan melakukan pengetatan dan tracing terhadap masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya.

"Setidaknya kami mengeluarkan tujuh kebijakan untuk penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun 2021. Mulai dari yang pertama adalah dengan terus mensosialisasikan protokol kesehatan secara ketat mulai dari tempat keberangkatan, selama perjalanan, sampai dengan di tempat kedatangan," kata Budi Karya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (17/3/2021).

Ia menambahkan, kemudian yang kedua adalah menjamin ketersediaan layanan transportasi darat, laut dan udara. Ketiga, memastikan kelayakan sarana dan prasarana transportasi. Selanjutnya yang keempat adalah meningkatkan ketertiban dan keamanan pada simpul-simpul transportasi. Kelima, melaksanakan koordinasi intensif dengan pemangku kepentingan mulai dari Korlantas Polri, PU, Jasa Marga, pemda, hingga operator jasa transportasi dengan membentuk posko-posko bersama.

 

Baca : Berbagai Aktivitas Saat Lebaran 2020 di Tengah Pandemi Corona

"Sementara yang keenam adalah melakukan rekayasa lalu lintas untuk menjamin kelancaran dan ketertiban pelaksanaan angkutan Lebaran. Kemudian yang terakhir adalah melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan angkutan lebaran yang dimulai dari persiapan sampai dengan pasca pelaksanaan. Selain itu, kami juga tentunya akan memperhatikan isu-isu seperti mencegah terjadinya kerumunan masyarakat," ucapnya.

Ia menilai bahwa program vaksinasi yang hingga saat ini tengah dijalankan oleh pemerintah, diprediksi akan membuat masyarakat ingin bepergian. Ditambah lagi pemerintah juga turut memberikan program Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 0 persen, dimana kepemilikan mobil pun secara tidak langsung akan bisa bertambah.

“Kementerian Perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan lebaran, tentunya berharap penuh agar kegiatan mudik tahun ini dapat berjalan baik. Selain itu, kami juga mengajak Komisi V DPR-RI untuk bersama-sama memantau persiapan dan proses mudik itu sendiri,” ucapnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait