Turangga Maggot Farm Hadirkan Inovasi Baru Bagi Peternak

Kamis, 18 Maret 2021 16:18 Dede Hadiyana Daerah

Turangga Maggot Farm Hadirkan Inovasi Baru Bagi Peternak

 

 

Koropak.co.id - Rasa jijik akan dirasakan jika mendengar kata ulat atau belatung. Akan tetapi, berbeda dengan belatung yang satu ini yakni maggot atau larva dari Black Soldier Fly (BSF). Meskipun masuk kedalam kelompok lalat, BSF memiliki kandungan zat antibiotik alami sehingga tidak membawa agen penyakit.

Seperti yang dikelola Turangga Maggot Farm di Desa Sukamukti Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, hadirnya maggot BSF menjadi kabar gembira bagi para petani, peternak, serta masyarakat luas. Pasalnya, selain tidak menimbulkan bau tak sedap, maggot ini dimanfaatkan sebagai suplay pakan ikan dan unggas yang dinilai lebih efisien untuk mengurangi biaya pakan serta memiliki protein tinggi.

Berbincang dengan Koropak, Divisi Pengelolaan dan Edukasi di Turangga Maggot Farm, Nana mengatakan bahwa dirinya melakukan budidaya maggot BSF bermula untuk memenuhi kebutuhan pakan ikan dan unggas karena dari sisi harga relatif lebih murah.

"Tujuan budidaya maggot sendiri sebenarnya untuk mengurangi beban biaya pakan. Maka, akan lebih baik jika maggot ini konsumsi sendiri bukan untuk pasar dan hasilnya sesuai kemana maggot itu di aplikasikan seperti unggas dengan penjualan telurnya atau pun di ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi," ujarnya.

 

Baca : Pupuk Organik dari Bungursari Kota Tasikmalaya Berkualitas Bagus

Sementara itu, Owner Turangga Maggot Farm, Desur menuturkan bahwa disamping kebutuhan untuk konsumsi pribadi, tidak menutup kemungkinan untuk penjualan maggot di pasaran dan hal itu terbuka sangat lebar.

"Saat ini kita masih dalam proses pembangunan sekitar 50 persen untuk budidaya maggot dan sementara ini masih untuk konsumsi sendiri. Artinya, besar kemungkinan juga untuk penjualan maggot dipasaran mulai dari telur, maggot basah, maggot kering, maggot tepung, hingga bangkai lalat BSF itu sendiri sebagai pupuk," ujarnya.

Menurutnya, disamping beberapa manfaat tadi, maggot yang memiliki peran mesin pengurai sampah organik terbaik, tentunya dapat mengurangi permasalahan sampah organik di sekitaran rumah.

"Diharapkan kedepan, khususnya para petani atau peternak bisa memanfaatkan maggot ini sebagai pakan unggas, pakan ikan, dan pupuk, dan menjadi inovasi baru untuk mengolah sampah organik," ucapnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait